MTs N 1 Banjarnegara Sumbang 7 Medali dalam Science Competitian IPS

Banjarnegara Science Competition IPS tahun 2021 adalah sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Science Indonesia (POSI). Science Competition IPS merupakan ajang kompetisi nasional yang diikuti oleh jenjang pendidikan dari SD/MI sampai SMA/MA. Kompetisi ini dilaksanakan pada Minggu, (19/9). MTs Negeri 1 Banjarnegara mengirikam 12 siswa dari kelas 8 dan 9.

Pelaksanaan kompetisi ini dilakukan secara daring menggunakan CBT. Kompetisi ini dikerjakan oleh siswa dari rumah masing-masing. Peserta dari MTs Negeri 1 Banjarnegara mengerjakan dengan menggunakan perangkat yang tersedia di rumah. Tidak hanya kemampuan pengetahuannya saja, tetapi dengan kondisi seperti ini tingkat kejujuran siswa turut diuji.

Peserta kompetisi ini tidak tanggung-tanggung, ribuan siswa mengikuti Science Competition IPS yang berasal dari seluruh Indonesia. Di bawah bimbingan Asih Wijayanti, peserta Science Competition dari MTs Negeri 1 Banjarnegara mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Dari 12 siswa yang mengikuti kompetisi ini, 7 siswa mendapatkan medali.

“Medali perak diraih oleh Nurfadhilah Rahmawati dan Yumna Ainiyah. Medali perunggu diraih oleh Namila Adinda Fissabilla, Aisyah Rahmawati, Lu’lu Malahima Ul’ya, Azzah Zaimatun Nisa, dan Incuk Mona Diah Lathifah,” ungkap Asih

Asih Wijayanti menyampaikan rasa terima kasihnya kepada siswa, karena berkat usaha yang sudah dilakukan siswa mereka bisa membawa nama baik MTs Negeri 1 Banjarnegara di kancah nasional.

“Saya ucapkan terima kasih kepada siswa-siswa yang telah mendapatkan medali dalam ajang Science Competition IPS tahun 2021. Harapan saya semoga siswa-siswa lebih giat belajar lagi untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik. Bagi siswa yang belum bisa meraih medali jangan putus asa, tetap semangat dan lebih giat untuk belajar lagi,” tutur Asih.

Salah satu peserta kompetisi, Nurfadhillah mengungkapkan bahwa kompetisi ini berjalan cukup lancar dan soal yang dikerjakan berbobot.

“Soal yang saya kerjakan tingkat kesulitannya lumayan tinggi banhkan beberapa soal menurut saya levelnya di atas tingkatan sekolah saya. Hal ini menjadi motivasi bagi saya untuk lebih giat belajar dan menambah wawasan saya,” jelas Nurfadhillah.

Dari hasil kompetisi ini diharapkan mampu menjadikan MTs Negeri 1 Banjarnegara lebih unggul dalam hal prestasi terutama kompetisi mata pelajaran IPS. (asw/ak/rf)