MTsN 1 Kebumen Gelar Sholat Ghaib bagi Korban Gempa Lombok

Kebuman – Gempa di Lombok yang terjadi beberapa waktu lalu menggugah kepedulian sosial seluruh negeri. Begitu juga yang dirasakan keluarga MTsN 1 Kebumen. Sebagai wujud kepedulian, MTsN 1 Kebumen menggelar sholat gaib untuk korban yang meninggal dunia, (Kamis, 9/8). H.A. Nasihudin, M.Pd.I., yang juga selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab. Kebumen, hadir sekaligus didaulat sebagai Imam Sholat.

Usai melaksanakan sholat, dilaksanakan doa bersama dan tahlil untuk mendoakan korban dan memohon agar bangsa Indonesia dijauhkan dari marabahaya. Doa juga ditujukan agar masyarakat diberi ketabahan, kesabaran, dan keselamatan.

“Kami mengapresiasi sholat yang dilaksanakan pada pagi hari ini,” ucap Nasihudin mengapresiasi kegiatan ini.

Sholat dilaksanakan di lapangan MTsN 1 Kebumen, seluruh warga tampak khusuk melaksanakan sholat yang dilanjutkan bacaan tahlil dan doa.

“Kami turut berduka atas bencana yang menimpa saudara-saudara kami di Lombok dan Bali,” kata Hj. Kriswati, salah satu guru setempat.

Selain itu, juga dilaksanakan penggalangan dana untuk membantu meringankan beban korban bencana alam. Penyaluran dana dilakukan melalui Kantor PMI Kab. Kebumen yang diberikan saat itu juga. Terkumpul dana sebesar Rp. 5.500.000,-.

Plt. Kepala MTsN 1 Kebumen, Salim Wazdy, M.Pd. berharap dengan kegiatan ini, kepedulian sosial peserta didik semakin meningkat. Sholat gaib, tahlil, dan pengumpulan sumbangan merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter yang dilaksanakan di MTsN 1 Kebumen.

“Pendidikan karakter bukan teoritis, tapi praktis. Anak-anak tidak diajarkan teori tentang karakter, tetapi mempraktikkan langsung dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.(pt/sua)