MTsN 2 Surakarta Galakkan Budaya Gemar Membaca

Surakarta – Dengan membaca seseorang menjadi cerdas dan berpengaruh pada kepribadian dan kemampuannya untuk berinteraksi. Dengan gemar membaca menjadi gerbang utama kemajuan sebuah negara karena rakyatnya maju dan cerdas.

Dasar pemikiran inilah yang menjadi landasan MTsN 2 Surakarta mengadakan kegiatan yang bertajuk “Gemar Membaca”. Kegiatan yang digelar pada Sabtu, (18/8) itu bekerjasama dengan Media Solopos. Menurut Bukori selaku Kepala Madrasah, tujuan dari kegiatan ini untuk menekankan betapa pentingnya manfaat membaca kepada peserta didik.

“Kegiatan Gemar Membaca bertujuan menggugah semangat peserta didik untuk memahami arti pentingnya membaca sekaligus menumbuhkan kebiasaan gemar membaca dalam diri pribadinya,” kata Bukori.

Sebanyak kurang lebih 950 peserta didik begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Setiap peserta didik mendapatkan koran secara gratis.

Dipandu Putu Narendra dari tim ayo membaca Solopos, Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 tersebut berlangsung dengn semangat. Dengan duduk lesehan di lantai halaman madrasah, panas matahari tak menyurutkan semangat peserta didik membaca koran Solopos edisi Sabtu (18/8).

Para siswa mendapatkan waktu sekitar 20 menit untuk membaca berita yang disukainya di Koran. Delapan peserta didik yang terdiri dari empat laki-laki dan empat perempuan maju ke depan untuk menceritakan kembali isi berita yang telah mereka baca.

Wakil Kepala madrasah bidang kesiswaan, Ali Badaruddin mengatakan bahwa dengan membaca kita akan kaya informasi. Untuk itu, membaca harus dilakukan oleh seluruh komponen madrasah.

“Kebiasaan membaca sangat baik untuk menambah wawasan dan pengetahuan, tidak hanya bagi siswa tapi seluruh komponen yang ada di madrasah ini”, papar Ali. (rma/Wul)