MTsN 4 Rembang Adakan Pelatihan Penilaian K13 Online

Rembang — Penilaian merupakan bagian terpenting dari proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan penilaian K13. Pelatihan ini berperan untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan demi terciptanya guru yang berkualitas.

Untuk peningkatan SDM, MTsN 4 Rembang menggelar pelatihan penilaian k13 berbasis Online yang diadakan baru-baru ini, di ruang laboratorium komputer, MTs N 4 Rembang.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri  Yasrun (Waka Kurikulum MTs N 4 Rembang) dan acara dibuka secara langung oleh Bapak Masrum selaku kepala madrasah.

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, ada 3 aspek yang dinilai oleh pendidik pada K13 yaitu pengetahuan, ketrampilan, sikap dan spiritual. Pelatihan penilaian K-13 ini merangkum tentang tiga aspek tersebut.

Masrum mengungkapakan, kegiatan ini bertujuan agar setiap guru dapat memahami dan menguasai konsep penilaian k-13 secara utuh. Sehingga, materi dapat diimplementasiakan dalam penilaian siswa sehari-hari.

“Melalui kegiatan ini, kami harap guru-guru bisa lebih mudah dalam mengoperasikan penilaian demi meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat madrasah,” kata Masrum.

Sementara Yasrun mengatakan, yang membedakan metode aplikasi penilaian online K-13 ini dengan motode sebelumnya adalah, yang sekarang lebih praktis. “Aplikasi yang sekarang ini bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Di rumah pun kita bisa mengerjakan, mendownload dan memonitoring nilai siswa via handphone android,” ungkap Bapak Yasrun.

Dipaparkannya, langkah-langkah menjalankan aplikasi penilaian K-13 online di antaranya, memastikan akses internet, menggunakan mesin pencari google chrome untuk mencari file penilaian yang akan dibuka, mengisi identitas mapel, KKM, KD dan input nilai siswa, serta melindungi sheet agar tidak dapat diakses oleh pihak lain. – dwi-iq/bd