MTsN Salatiga Gelar Ujian Praktek Tatap Muka Dengan Prokes Ketat

Salatiga — MTsN Salatiga menyelenggarakan Ujian Praktek Tatap Muka TP 2020/2021 untuk siswa kelas IX. Kegiatan ujian praktek di masa pandemi covid-19 yang diselenggarakan pada tanggal 22-27 Februari 2021 tersebut diikuti sebanyak 325 peserta. Peserta didik tingkat akhir harus menyelesaikan beberapa ketentuan mata pelajaran yang diujipraktekan.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) pada tanggal 1 Februari 2021, Ujian Nasional diganti dengan sejumlah program kegiatan bagi peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan, diantaranya adalah mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Meski UN ditiadakan, MTsN tetap mengadakan Ujian Madrasah (UM) berupa ujian tertulis dan ujian praktek yang bertujuan untuk mengukur kompetensi peserta didik di tingkat akhir. Untuk ujian tertulis dilaksanakan secara daring, dan ujian praktek dilaksanakan secara tatap muka.

Ujian diikuti 325 siswa kelas IX sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan yatu hari Senin (24/05) untuk siswa kelas IX ABC Selasa (25/05) untuk siswa kelas IX DEF, Kamis (27/05) untuk siswa kelas IX G H I dan Sabtu (29/05) untuk kelas siswa IX JK.

Senin (24/05), Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Taufiqur Rahman bersama Humas melakukan monitoring Ujian Praktek Tatap Muka siswa kelas IX A, B, dan C MTsN Salatiga didampingi Kepala MTsN Mudlofir dan Kepala TU Mustaghfirin. Untuk jadwal mapel yang diujikan adalah Penjasorkes, Fiqih, Qur’an Hadits. Kakankemenag berkesempatan melihat langsung pelaksanaan ujian praktik tatap muka Penjasorkes dan Quran Hadits. Kakankemenag mengapresiasi pelaksanaan ujian praktek yang digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.(Humas/Fitri-Khusnul)