One Day Service, Penyerahan Ijazah Siswa MTsN 1 Pati

One Day Service, Penyerahan Ijazah Siswa MTsN 1 Pati

Pati – Pelepasan siswa kelas IX MTsN 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 ditandai dengan penyerahan ijazah yang dilaksanakan pada tanggal 9- 14 Oktober 2021. Penyerahan ijazah yang bertempat di Green Hall MTsN 1 Pati digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Proses penyerahan ijazah melalui one day service yang dilakukan MTsN 1 Pati berlangsung efektif karena mampu mengurangi mobilitas siswa. Kegiatan ini dilakukan secara terjadwal, yakni 2 sampai 3 rombongan belajar per hari dan terbagi menjadi dua sesi. Dalam setiap sesi, panitia menyediakan waktu selama 2 jam sehingga anak dapat datang secara bergantian.

Siswa hadir sesuai jadwal untuk menghindari kerumunan. Setelah memasuki Green Hall, siswa diarahkan panitia untuk mengisi daftar hadir dan melakukan sidik jari kemudian duduk di tempat yang telah ditentukan. Disela-sela menunggu hasil legalisasi, siswa diberikan kesempatan untuk melakukan sesi foto bersama kepala madrasah dan wali kelas sebagai kenang-kenangan telah menempuh pendidikan di MTsN 1 Pati selama tiga tahun. Setelah melakukan sesi foto, siswa dapat mengambil hasil legalisasi ijazah kemudian diimbau untuk langsung pulang.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, menjelaskan pelaksanaan pelepasan siswa kelas IX dua tahun terakhir tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam masa pandemi Covid19 dan PPKM. “Karena masih berlakunya PPKM level tiga di Kabupaten Pati, kami belum bisa mengadakan pertemuan wali murid untuk pelepasan siswa kelas IX,” jelas Syafak.

Menurut Syafak, proses pembelajaran yang telah berjalan selama tiga tahun lalu telah terlaksana dengan baik dan sukses berkat kontribusi yang baik dari orangtua siswa. “Oleh sebab itu, kami ucapkan terimakasih yang tidak terhingga atas seluruh bantuan, dukungan, pengorbanan, dan jariyahnya sehingga dapat mengangkat nama MTsN 1 Pati menjadi madrasah yang barokah, manfaat, dan bertaraf internasional,” tutur Syafak. Lebih lanjut, ia berharap para alumni MTsN 1 Pati ini dapatlebih sukses di jenjang yang lebih tinggi.

Nikki Frensiska, salah satu alumni MTsN 1 Pati, mengungkapkan bahwa meskipun acara digelar secara sederhana dan menerapkan prokes ketat, tetapi baginya kegiatan ini tetap memberi kesan menyenangkan dan memuaskan. Pasalnya, dirinya mendapat kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman alumni sehingga menambah pengalaman yang menarik.

Alhamdulillah, acaranya menyenangkan,  bisa bertemu teman-teman, serta dapat menambah pengalaman menarik di madrasah tercinta,” ucapnya. Nikki berharap dirinya bersama dengan teman-teman alumni dapat terus semangat dalam menuntut ilmu.Selain itu, ia juga berpesan kepada adik tingkatnya untuk terus berprestasi demi mengharumkan nama baik MTsN 1 Pati. (TiM/at)