Pelatihan Komputer Sasar Peningkatan Kinerja ASN

Purbalingga – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang Informasi dan Teknologi (IT) maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga bekerja sama dengan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto yang sedang melakukan tugas Program Pengalaman Lapangan (PPL) untuk memberikan pelatihan IT kepada aparatur sipil negara (ASN) Kemenag Purbalingga.

Bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Kementerian Agama, Senin (27/03) staf pada Subbagian Tata Usaha, Sofyan menyampaikan harapan bahwa dengan kegiatan Pelatihan IT akan dapat meningkatkan pengetahuan serta menjadikan kinerja dari seluruh ASN semakin baik.

Sofyan, yang juga sebagai pembimbing PPL Mahasiswa Unsoed Purwokerto menjelaskan, kebutuhan serta pengetahuan lebih dalam penggunaan komputer atau laptop sudah sangat penting didunia kerja saat ini. Lanjutnya, dia menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan sifatnya sederhana, meliputi program office atau kertas kerja serta pengenalan internet dan penggunaan email dengan tujuan akan memudahkan kerja para pegawai.

“Atas pelatihan sederhana yang hanya sebatas program word dan excel, serta pengenalan internet dan pemanfaatan email, diharapkan bisa menjadikan peningkatan kinerja serta memudahkan para pegawai dalam mengoperasikannya,” ucap Sofyan.

Sementara secara teknis, Fika menjelaskan dalam penyampaian materi tentang email yaitu bagaimana membuat dan menggunakan email sebagai mana mengirim dan menerima email. Lebih lanjut, pada penyampaian tentang penggunaan program office, Fitri memberikan penjelasan bahwa office meliputi cara mengatur ukuran margin, ukuran kertas, orientasi kertas, page breaks, page border, header dan footer.

Ditemui seusai penyampaian materi pelatihan, Fitri menyampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai Kemenag Purbalingga, yang cukup antusias dalam mengikuti kegiatan. Terbukti dengan cara para pegawai menanyakan kesulitan-kesulitan yang mereka temui selama mengerjakan pekerjaan yang bersinggungan langsung dengan email dan aplikasi office.

“Antara teori dan praktek memang kadang berbeda, dan saya sangat senang dengan antusias pegawai Kemenag Purbalingga yang banyak menanyakan tentang kesulitan-kesulitan saat penggunaan email, dan tentang office yang mereka temui dalam praktek langsung,” jelas Fitri. (sf/gt)