Pembinaan dan Pembekalan Calon Peserta PPG Kemenag Kebumen

Kebumen – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah secara bergantian memberikan pembinaan dan pembekalan kepada 89 calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan tahun 2021 dilingkungannya, Senin (31/05) di aula setempat.

Dalam arahannya Kepala Kankemenag H. Panut mengatakan bahwa kunci keberhasilan dalam mengikuti PPG adalah Pedagogi. Kepala berharap calon peserta bisa memahami dan tahu betul apa itu pedagogi.Dijelaskannya bahwa pedagogi adalah merupakan ilmu atau seni bagaimana menjadi seorang guru. “Pahami apa itu pedagogi, maka Insya Allah semuanya akan lulus,” pesannya.

Dia melanjutkan, dalam prakteknya seorang guru harus bisa merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik dan benar. Menurutnya dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang baik dan menyenangkan, ketiganya harus dilaksankan semuanya oleh seorang guru. “Hubungan antara perencanaan, pelaksanaan/pengelolaan dan evaluasi dalam suatu kegiatan pembelajaran pasti ada suatu perencanaan yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu, setelah ada perencanaan, kemudian di kelola supaya tujuannya itu bisa tercapai. Setelah tujuan dicapai, maka ada evaluasi sebagai pengukur kemampuan,” terangnya.

Terkait pelaksanaan PPG yang akan diselenggarakan secara daring Kepala Kankemenag menyampaikan, hal tersebut harus disyukuri dan dilaksanakan dengan baik. “Maka pastikan kuota data dan jaringan internetnya ready dan stabil,” imbuhnya.

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah Hj. Suwaibatul Aslamiyah menjelaskan, kegiatan pembinaan ini dilaksankan dalam rangka memastikan kesiapan para calon peserta mengikuti PPG. “Saya berharap semuanya lulus, oleh karena itu laksankan dengan disiplin dan semaksimal mungkin,” tegasnya.

Sebagai informasi, dari 89 calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan tahun 2021 di Kemenag Kebumen, mereka terakomodir di 14 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di seluruh Indonesia. Pada pelaksanaannya, PPG terbagi kedalam 2 angkatan. Angkatan pertama diikuti 58 calon peserta mulai bulan Juni sampai dengan September 2021. Sedangkan angkatan kedua diikuti oleh 31 calon peserta mulai bulan Sepetember sampai dengan Desember 2021.(fz).