Pembukaan Ujian Dinas dan UPKP Kanwil Kemenag Prov. Jateng Tahun 2021 Karisdenan Pekalongan

Pembukaan UDIN dan UPKP Wilayah Karisdenan Pekalongan

Kab.Pekalongan.- Bertempat di Aula MAN Pekalongan dilaksanakan Pembukaan Pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 Karesidenan Pekalongan. (Senin, 30/8 )

Diawali dengan laporan Ketua panitia H. Badrus Salam yang menyampaikan terimakasih, kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan yang telah bersedia berketempatan pelaksanaan kegiatan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP).

“Kami tentu menghaturkan banyak terimakasih kepada Bapak Kakankemenag kabupaten Pekalongan yang telah bersedia berketempatan pelaksanaan kegiatan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) ini, juga kepada kepala MAN Pekalongan. Semoga dalam pelaksanaanya kegiatan ini diberikan kemudahan dan kelancaran. Aamiin.”

“Dan kami mohon berkenan Bapak Kepala Kankemenag kabupaten Pekalongan berkenan memberikan sambutan serta membuka secara resmi kegiatan ini.” harapnya.

Kegiatan dihadiri pula oleh Kasubag TU Kankemenag Kabupaten Pekalongan (H. Muqodam), dan segenap Panitia Timlok (Hj. Suningsih/Analis Kepegawaian kab.Pekalongan; Hj. Sakdiyah/Analis Kepegawaian kota Pekalongan; Okjihat Dewantoro/Petugas Kepegawaian kab. Batang dan Slamet/Prakom kab. Brebes).

Kegiatan Ujian Dinas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 Karesidenan Pekalongan ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari (Senin s.d Rabu, 30 Agustus s.d 1 September 2021), sedangkan UPKP dilaksanakan selama 2 (dua) hari (Senin dan Kamis, 30 Agustus dan 2 September 2021)

Dalam sambutannya Kepala Kankemenag H. Kasiman Mahmud Desky, menyampaikan tujuan diselenggarakan ujian dinas ini untuk mengetahui kemampuan dan kompetensi Pegawai Negeri Sipil yang akan pindah golongan lebih tinggi sebagaimana ditentukan oleh Peraturan Perundang-undangan yang berlaku dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah 12 Tahun 2002 tentang kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil Pasal 30 Ayat (1) menyebutkan “Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pengatur Tingkat I/Golongan Ruang II.d dan Penata Tingkat I/Golongan Ruang III.d, untuk dapat dinaikan pangkatnya setingkat lebih tinggi, disamping harus memenuhi syarat yang ditentukan harus pula lulus ujian dinas, kecuali ditentukan lain dalam Peraturan Pemerintah ini atau ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.”

“Kenaikan pangkat bagi ASN merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian ASN kepada Negara. Kenaikan pangkat bukanlah hak melainkan penghargaan yang diberikan oleh pejabat yang berwenang karena prestasi kerja yang diperolehnya.” lanjutnya

“Di Era UU. No.5 tahun 2014 tentang ASN, kenaikan jabatan dapat berkaitan dengan pengembangan karir. Pengembangan karir dapat diartikan sebagai sebuah pergerakan vertikal dari pangkat dan jabatan semula kearah yang lebih tinggi.” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Kakankemenag menyampaikan, mudah-mudahan pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 Karesidenan Pekalongan berjalan dengan baik, dengan harapan memperoleh hasil yang baik pula. Dan semoga semua peserta memperoleh pangkat dan jabatan yang lebih tinggi. Aamiin.” tutupnya.

Selanjutnya acara Pembukaan ditutup dengan Pembacaan Do’a yang dipimpin oleh Mutrofin salah seorang peserta UPKP.

Secara terpisah, Panitia Timlok melalui Hj. Suningsih selaku Analis Kepegawaian Kankemenag kabupaten Pekalongan menyampaikan bahwa jumlah peserta Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 Karesidenan Pekalongan berjumlah 50 orang peserta terdiri dari 17 orang dari Kemenag kab. Pekalongan, 13 orang dari Kemenag kab. Batang; 3 orang dari Kemenag kota Pekalongan; 4 orang dari Kemenag Kab. Brebes; 8 orang dari Kemenag kab. Pemalang dan 5 orang dari Kemenag kab. Tegal, dengan rincian sebagai berikut : Ujian Dinas Tk. I sebanyak 13 orang; UPKP Tk. I sebanyak 8 orang; UPKP Tingkat II sebanyak 1 orang dan UPKP Tingkat III sebanyak 28 orang. (Ant/bd).