Pemilihan Ketua OSIS MTsN Kota Tegal Dihelat Mirip Pemilu

Tegal – Kandidat nomor urut 1, Haida dan wakilnya, Laksana telah mengalahkan dua pesaing lainnya dalam pemilihan ketua OSIS (PILKAOS), yaitu Anggi/Nafa dan Sinta/Jila. Haida dan Laksana terpilih menjadi ketua OSIS MTs Negeri Kota Tegal tahun pelajaran 2018–2019, mereka akan memimpin organisasi siswa di lingkungan sekolahnya selama setahun ke depan.

Pemilihan ketua OSIS (PILKAOS) MTs Negeri Kota Tegal dilaksanakan melalui penjaringan dengan tes dan wawancara, terjaringlah 3 pasangan calon, yang kemudian dilakukan Kampanye/Orasi Visi dan Misi dari masing-masing calon.

Sebelum acara mencoblos, Kepala MTs Negeri Kota Tegal, Drs. H. Saefudin didampingi 3 Pasangan calon, para Waka, Kaur TU dan para Guru telah memberikan apresiasi pada acara tersebut, terutama kepada Waka kesiswaan dan jajaranya.

Beliau berharap, kegiatan PILKAOS ini bisa menjadi ajang pembelajaran pesta demokrasi serta dalam rangka mempraktekan isi/materi dari Mata Pelajaran (Mapel) PPKn, “harap Saefudin.

Pemilihan ketua OSIS (PILKAOS) berlangsung di sela jam pelajaran pada Selasa (30/10/2018). Seluruh kelas melakukan pencoblosan persis seperti pemilihan umum (pemilu) dengan mencoblos gambar calon yang dibagi dalam 3 TPS. Pencoblosan tersebut dilaksanakan secara langsung umum bebas dan rahasia (Luber).

Dengan diramaikan acara drum band dari MTsN Kota Tegal, para siswa langsung mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Setelah menyerahkan undangan, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto tiga pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS.  Para siswa pun diminta mencoblos kandidat sesuai pilihannya di dalam bilik suara.

Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, mereka memasukkannya ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, KPPS memberikan stempel di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali. (IM/rf)