Penguatan Wawasan Islam

Demak- Kegiatan penguatan Wawasan Islam Rahmatan Lilalamin dan Multikultural Bagi Siswa SMA/SMK se Kabupaten Demak, kegiatan diikuti  40 peserta didik dari perwakilan SMA / SMK, kegiatan  tersebut dilaksanakan di Hotel Amantis jalur lingkar Demak pada  Senin 1 April 2019. Plt Kepala Kantor Kementerian Agama kab. Demak  H. Muhaimin mengatakan bahwa Islam adalah agama Rahmatan Lil Alamin, yang artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua umat seluruh alam semesta.

Dalam sambutannya Muhaimin mengatakan, generasi muda sangat perlu mendapatkan pelajaran tentang penguatan wawasan islam Rahmatal Lilalamin, sehingga bagi generasi muda mengerti   serta menghormati keberagaman yang ada. Untuk itu sejak dini para siswa harus dikenalkan dengan pemahaman Islam tersebut. Adapun nara sumber dalam kegiatan ini antara lain Dan Ramil Kec. Bonang Kapten Juwadi, Materi Kenakalan Remaja Kebangsaan, H. Muhaimin.S.Pd.I.MH dengan materi “ Kebijakan pemerintah tentang peningkatan kualitas peserta didik” dan Kasi PAIS H.Azhar Wibowo.SH.M.PdI materi “ Nilai-nilai akhlakul Karimah”

Selanjutnya Muhaimin menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Agama secara nasional  agar semua warga negara yang beragama apapun di Indonesia harus hidup dengan rukun, saling berdampingan, saling menghargai dan saling toleransi yang dimulai dari dunia pendidikan sebagai penerus bangsa khususnya bagi siswa siswi SMA dan SMK.

Muhaimin menambahkan,  wawasan Rahmatan Lil Alamin yang mendasar dan mendalam, adalah bagaimana generasi muda bisa saling menghargai menghormati perbedaan yang ada, bukan kekerasan / radikal, namun saling memahami sebagai hamba Allah untuk semesta alam. Selain itu untuk memberikan pemahaman Islam yang kompleks dan Indonesia yang multikultur dan memiliki ciri juga karakteristik yang lain, serta punya adab yang berbeda-beda.

 “Walaupun kita hidup di antara perbedaan suku, ras dan agama, tapi kita harus menjunjung tinggi toleransi keagamaan dan wawasan nasional. Islam itu bukan untuk sekelompok orang tapi  untuk seluruh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari, Islam menghormati agama lain” tambahnya.

Harapan Muhaimin , Islam adalah agama yang cinta damai, jangan sampai para generasi penerus bangsa ini mau disusupi paham / aliran yang menyesatkan, termasuk narkoba, karena agama Islam mengajarkan keselamatan kepada semua orang tanpa harus mengkotak-kotakkan satu dengan yang lain, amal dan ibadah harus terus di tingkatkan agar kwalitas ke Islaman kita semakin baik dan bermanfaat bagi yang laen.

“hal tersebut sesuai hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya sebaik-baik manusia adalah yang bisa memberikan manfaat kepada yang lain, tentu hal ini untuk diterapkan di sekolah, masyarakat dan kehidupan sehari-hari dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia”, harapnya.ms.