Pentingnya Adaptasi Empat Pilar Literasi Digital bagi Siswa

Kab. Pekalongan – Sejumlah guru MI Sullam Taufiq Kajen mengikuti Zoominar Gerakan Nasional Literasi Digital dan Siber Kreasi yang diselenggarakan Kominfo bekerjasama dengan Pemprov Jawa Tengah, Pemkab. Pekalongan serta Kanwil Kemenag Jawa Tengah Senin (4/10/2021) via media online zoom meeting.

Zoominar yang mengusung tema “Adaptasi Empat Pilar Literasi Digital untuk Siswa” menghadirkan narasumber Iwan Gunawan dari Kominfo, Adrie Wardhana praktisi media digital, H. Ahmad Faridi dari Kanwil Kemenag Jateng

M. Syaikhul Alim, kepala MI Sullam Taufiq Kajen menyambut baik adanya  zoominar literasi digital yang  dilaksanakan secara serial ini guna meningkatkan (up grade) kemampuan literasi digital para guru dan tendik di tengah arus transformasi digital yang begitu deras dan tak terhindarkan.

“Tantangan era transformasi digital harus dijawab para pendidik dan tendik dengan membekali diri penguasaan dan skill digital yang memadai, sehingga pembelajaran yang berorientasi digital dapat diterapkan secara optimal.” tandasnya.

Sementara itu Muhammad Taufiq Al Khakim, salah satu guru MI Sullam Taufiq Kajen mengungkapkan bahwa zoominar ini memberikan informasi penting bagi pendidik, orangtua termasuk siswa dalam memanfaatkan dunia digital untuk tujuan pendidikan.

“Ada empat pilar yang harus dipedomani kita semua dalam mengarungi dunia digital, yakni etika digital, budaya digital, keterampilan digital serta keamanan digital.” tambahnya.

“Anak-anak harus kita adaptasikan dan diberikan edukasi di dalam menggunakan gawai agar betul-betul aman dan memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya untuk pendidikan anak. Di sini harus ada sinergi yang kuat antara guru dengan orang tua di dalam mendampingi belajar anak.” pungkasnya. (Msa/Ant/bd).