Penyelenggaraan Ibadah Haji Terus Ditingkatkan

Pemalang – Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman merasa bersyukur karena indeks kepuasan jamaah haji dari tahun ke tahun semakin meningkat. Dia merujuk pada hasil survey yang diadakan oleh BPS untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 2017.

Berdasarkan data BPS, indeks kepuasan jamaah haji Indonesia terhadap penyelenggaraan ibadah haji sebesar 84,85. Hal tersebut berarti mengalami peningkatan sebesar 1,02 poin dari tahun 2016 yang sebesar 83,83.

“Salah satu misi Kementerian Agama adalah meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji. Kami bersyukur dari tahun ke tahun indeks kepuasan jamaah haji terus meningkat,” jelas Taufik saat menjadi narasumber bimbingan manasik calon haji Kecamatan Pemalang di KUA Kecamatan Pemalang, Senin (2/7).

“Meskipun telah berusaha maksimal meningkatkan pelayanan, tapi pasti masih ada kekurangan, tidak mungkin semuanya sempurna. Salah satu faktornya karena jamaah yang dilayani setiap tahunnya berbeda,” lanjutnya.

Salah satu contoh pelayanan yang kadang dipermasalahkan adalah konsumsi. Taufik menyebutkan, masakan yang dihidangkan untuk mencukupi seluruh kebutuhan jamaah haji Indonesia. Maka hal yang lumrah jika rasanya tidak bisa memuaskan selera orang per orang. Untuk itu Taufik meminta kepada calon haji agar memakluminya.

Selanjutnya dia meminta kepada para calon haji untuk senantiasa menjaga kesehatan agar saat keberangkatan bisa ikut berangkat ke Tanah Suci. Seseorang berangkat haji bukan hanya mampu secara ekonomi, tapi juga mampu secara kesehatan. Apabila nanti berdasarkan pemeriksaan dari dokter di embarkasi dinyatakan tidak layak, maka calon jamaah harus menerima keputusan dari tim kesehatan demi keselamatan dirinya.

Bimbingan manasik di KUA Kecamatan Pemalang diikuti oleh 99 orang calon haji. Selain Kecamatan Pemalang, bimbingan juga dilaksanakan di delapan tempat lainnya. (fi/rf)