Penyerahan Piala KSM Tahun 2021 Kemenag Kab. Temanggung

Temanggung – Pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten Temanggung secara online yang diadakan tanggal 21-23 Agustus 2021 telah melahirkan para juara. Kompetisi Sains Madrasah ini merupakan kegiatan yang digelar oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah untuk berkompeteisi di bidang sains di kalangan siswa madrasah. Puncak KSM tingkat Kabupaten Temanggung, Selasa 31 Agustus 2021 dengan mengumumkan para juara 1, 2, dan 3 untuk jenjang MI,MTs, dan MA.

Acara yang digelar dengan menerapkan protokal kesehatan secara ketat tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir,  Kasi Pendidikan Madrasah H. Ahmad Sugijarto,  Komite KSM Heri Setyo Wibowo,  jajaran pengawas madrasah, para juara KSM, dan beberapa tamu undangan.

Ahmad Sugijarto, selaku Kasi Pendidikan Madrasah sekaligus penanggung jawab pelaksanaan KSM, dalam laporannya menyampaikan bahwa KSM tahun 2021 ini terlaksana dengan lancar. Kendala yang ditemui saat uji coba KSM seperti beberapa peserta tidak bisa login, tidak ditemui dalam pelaksanaan KSM.

“Alhamdulillah KSM berjalan lancar tidak ada kendala yang ditemui saat uji coba maupun pelaksanaan,“ ujarnya

Lebih lanjut, Ahmad Sugijarto, memberikan beberapa evaluasi pada KSM 2021 ini. Kepesertaan madrasah yang ada di Kabupaten Temanggung pada ajang KSM belum 100%. Lebih rinci disampaikan bahwa kepesertaan untuk jenjang MA 75%, jenjang MTs 83%, dan jenjang MI 80,16%.

“Harapannya untuk KSM tahun yang akan datang semua madrasah berpartisipasi aktif meramaikan ajang KSM,“ himbaunya.

Pada kesempatan sama Heri Setyowibowo selaku ketua komite KSM tingkat Kabupaten Temanggung memberikan apresiasi kepada para juara KSM tahun 2021. Juara 1, 2, dan 3 untuk jenjang MI,MTs, dan MA, berhak maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 19-20 September 2021. Persiapan serta pembinaan kepada para duta KSM Kabupaten Temanggung akan diberikan secara intensif.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Ahmad Muhdzir, memberikan pembinaan dalam rangka persiapan KSM ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Beliau menyampaikan bahwa, secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021 ini bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan,  cerdas,  sehat,  disiplin  serta  menguasai  ilmu pengetahuan dan teknologi.

Beliau berpesan agar madrasah mandiri berprestasi mampu menghadirkan siswa yang selalu siap mengikuti kompetisi madrasah. Madrasah mampu membekali peserta didiknya dengan nilai-nilai keagamaan yang terintegrasi dalam semua mata pelajaran. “Melalui ajang KSM ini peserta didik diharapkan mampu mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, memotivasi  siswa  madrasah  agar  selalu  meningkatkan  kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama, serta menumbuhkembangkan budaya  kompetitif  yang  sehat  di  kalangan  siswa madrasah,“ tutupnya. (SY/bd)