Penyuluh Karawang berkunjungan ke Demak

Demak– Kunjungan study banding dari kelompok kerja penyuluh ( Pokjaluh ) Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang, beberapa waktu yang lalu tiba di Kantor Kementerian Agama Kab. Demak dan selanjutnya menuju Masjid Agung Demak. 2-3-2019.

 

Study banding diadakan dengan maksud dan tujuan untuk melakukan sharing seputar kemampuan sumber daya penyuluh Agama Islam baik dari Kabupaten Karawang dan kabupaten Demak, tentang  analisa pekerjaan dan tugas pokok penyuluh agama Islam juga tradisi budaya Demak.

Rombongan Penyuluh Agama dari Kemenag Karawang  sebanyak 40 orang peserta , para penyuluh disambut langsung oleh ketua Pokjaluh Kemenag Kab. Demak H.Ali Mustofa, S.Ag atas arahan dan fasilitas Kasi Bimas Drs. H, Ahmad Anas, MSi. Acara berlangsung di ruang pertemuan Masjid Agung Demak.

Dalam sambutannya Ali Mustofa mengatakan, Penyuluh Fungsional Kemenag Demak merasa tersanjung karena mendapat kunjungan dari Penyuluh Fungsional Kemenag Karawang , ini merupakan penghormatan dan sekaligus Penyuluh fungsional Kemenag Kab. Demak dijadikan barometer bagi penyuluh Kab/kota bahkan provinsi lain.

“ untuk itu saya selaku ketua  pokjaluh fungsional mengajak pada teman-teman penyuluh selalu meningkatkan kemampuan dalam bidang dakwah.” ajaknya.

Ali Mustofa menambahkan, penyuluh mempunyai tugas berdakwah didalam menyampaikan dakwah hendaknya dengan pendekatan kelembutan. “  mengingat Demak dikenal sebagai kota wali dan kota santri jadi penyuluh harus tau kondisi majlis ta’lim  binaannya masing-masing.”

 katanya.

H. Asep Zaelani atas nama Pokjaluh Karawang dalam sambutannya mengatakan, dipilihnya kota Demak sebagai lokasi study banding karena kami melihat adanya keunggulan-keunggulan kota Demak yang belum tentu dimiliki kota lain . “ diharapkan dengan sharing beberapa point tersebut mampu memperkaya informasi, menambah wawasan juga skill kepenyuluhan dengan study banding pula mampu terjalinnya tali silaturrahim yang semakin erat.” tambahnya.

Selanjutnya paparan tradisi dan budaya Demak disampaikan Fathan Aziz, S.PdI Penyuluh PAN ASN Kab. Demak, Pada seassion Tanya jawab berlangsung sharing pengetahuan, informasi dan pengalaman antar penyuluh Kab. Karawang dengan penyuluh Kab. Demak terkait berbagi hal yang terjadi di daerah binaan masing masing penyuluh.

Rombongan study banding Pokjaluh  Kemenag Kab. Karawang  setelah selasai sharing dengan Pokjaluh Kemenag Kab. Demak rencananya akan melanjutkan perjalanannya ke Kudus dan Jogja.ms.