Peran Orang Tua Berpengaruh Suksesnya Ujian Siswa

Wonosobo –  Jelang Ujian Nasional yang akan diselenggarakan bulan April mendatang, banyak pihak turut ikut andil dalam persiapan menghadapi UN, tidak lain halnya pihak Instansi Sekolah atau Madrasah yang berbondong-bondong mendorong, mensupport bahkan membekali siswa-siswinya untuk menghadapi Ujian Nasional. Tidak luput juga yakni peran orang tua yang diharapkan bisa andil dalam mensupport anakn-anaknya. Hal itulah yang menjadi imbauan dari pihak MAN 2 Wonosobo kepada orang tua wali saat diadakan sosialisasi ujian nasional oleh pihak sekolah beberapa waktu yang lalu, yakni tepat pada hari Sabtu, (10/03).

Sosialisasi ujianya nasional  berbasis komputer dengan Tema "Madrasah Harus Berprestasi" tersebut, dilaksanakan di Masjid Umar Bin Khotob MAN 2 Wonosobo. Masjid yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk proses keagamaan tersebut bisa menampung sedikitnya 1300 orang. Dan pada sosialisasi kali ini, terdapat 372 wali murid yang didampingi anak atau siswa-siswi dari seluruh jurusan di MAN 2 Wonosobo yakni jurusan atau program ilmu sosial,iImu alam dan ilmu keagamaan,  yang notabennya mereka adalah siswa-siswi kelas XII .

Selain orang tua wali dan siswanya yang hadir menjadi peserta sosialisasi, sosialisasi juga dihadiri oleh Ketua Komite, jajaran pengurus Komite Madrasah, sesepuh, Ulama dan Kyai di ligkungan MAN 2 Wonosobo.  Acara pun berjalan dengan khidmat dan antusias peserta baik wali Murid atau siswa semakin terlihat ketika Muslikh selaku Kepala Madrasah memberikan himbauan kepada wali murid untuk senantiasa mensupport anak-anaknya dalam belajar..

Menurutnya, peran orang tua terhadap proses belajar anak sangat berpengaruh, dengan menciptakan iklim yang bersahabat didalam rumah anak akan menjadi lebih nyaman dan merasa termotivasi dalam proses belajar.

“Motivasi merupakan syarat mutlak dalam belajar, oleh karena itu hendaknya orang tua senantiasa memotivasi anak agar lebih giat dalam belajar dan juga berprestasi. Motivasi belajar dari orang tua merupakan salah satu bentuk nyata pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya. Di tahun ini, prestasi akademik 182 dari jumlah 372 peserta didik kelas XII sudah lolos tahap pertama masuk perguruan Tinggi Negeri melalui SNMPTN untuk itu mari support anak kita untuk melewati serangkaian proses seperti UAMBNK,UNBK dan USBNK,” jelasnya.

Sementara itu, pihaknya juga menambahkan  orang tua juga harus mendukung dengan do’a beriyadhoh mendampingi  tanpa bosan dan berharap agar tahun ini siswa-siswi MAN 2 Wonosobo bisa lulus 100%. (ps-ws/rf)