Petugas Haji Harus Assesmen Haji; 11 Orang Kemenag Wonosobo Jalani Tes Tahap 2 di Semarang

Wonosobo – Sebanyak 11 orang calon petugas haji asal Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonosobo menjalani ujian tahap dua di tingkat Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Selasa (05/02). Ujian yang digelar di Hotel Patrajasa Semarang tersebut, menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT) dan wawancara.

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Wonosobo, Toto Jumantoro mengatakan, sebelumnya sebanyak 18 orang dari 19 orang calon petugas haji yang lulus administrasi mengikuti ujian tertulis di Kantor Kemenag Wonosobo, karena satu orang izin tidak mengikuti ujian tahap pertama. 19 orang tersebut terdiri dari 15 orang TPIH dan 4 orang TPIHI.

“Setelah tes tertulis di Kantor Kemenag Wonosobo yang diikuti 18 orang, sebanyak 11 orang calon petugas haji dinyatakan lulus dan ikut ujian tahap dua tingkat wilayah di Semarang hari ini,” bebernya.

Dirinya menjelaskan, 11 orang calon petugas haji utusan dari Kantor Kemenag Kabupaten Wonosobo ini terdiri dari 6 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), 4 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan 1 orang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Pelayanan Akomodasi.

Lebih lanjut, keenam orang calon petugas TPHI ini adalah Kepala KUA Kejajar Fuadi, Kepala KUA Selomerto Slamet ZA, Staf PD Pontren Khozin, Penyuluh Bimas Islam Wajihudin, Penghulu KUA Mojotengah Aidir Rahman dan Kepala MAN 1 Wonosobo Warsam. Sementara untuk keempat orang calon petugas TPIHI adalah Kepala Kantor Kemenag Wonosobo M. Thobiq, Kasi PD Pontren Asrori, Pengawas Kantor Kemenag Wonosobo Saefudin dan Guru MAN 2 Wonosobo Yusuf Hadiyono.

“Ada satu orang calon petugas PPIH Arab Saudi Pelayan Akomodasi yaitu Ircham yang merupakan Staf Haji Umroh Kantor Kemenag Wonosobo,” jelasnya.

Pihaknya berharap,semoga kemarin dalam pelaksanaan ujian tahap kedua peserta dari kab. wonosobo khususnya  mampu menyelesaikan semua tahapan ujian dan lulus sesuai asessmen menjadi petugas haji periode tahun 2019 M atau 1440 H. Sehingga diharapkan nantinya bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah calon haji.

“Untuk tim bagian kesehatan dan TPHD asessmen diselenggarakan oleh masing-masing instansi,” pungkasnya. (PS-WS/Wul)