Pojok ZI, Integritas yang Menyatu dengan Kearifan Lokal

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang berkomitmen melaksanakan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK WBBM). Ikhtiar ini seiring dengan perwujudkan good governance dan reformasi bikrokrasi serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha yang juga merupakan Ketua ZI Kemenag Rembang, Moh. Mukson mengatakan, nafas ZI ini tercermin pada Pojok ZI yang terletak di koridor pintu masuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang. Ruangan outdoor ini didesain sedemikian rupa dengan nuansa warna yang cerah dan menampilkan kearifan lokal, yaitu Batik Lasem.

Berbagai inovasi layanan yang diciptakan dalam rangka pembangunan ZI menuju WBK ini tertera di salah satu sisi. Yaitu Si Playon, Siwalan, Si Viral dan Si Layar. Penegasan tagline Ramah, yaitu Responsif, Akuntabel, Mudah, Amanah dan Humanis juga tampak di salah satu sisi dinding. Disambung pula dengan penegasan lima budaya kerja, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan.

Ada pula spot untuk photobooth (swa foto) dengan latar belakang tagline Ramah. “Titik foto ini khusus kami adakan untuk ASN atau tamu yang berkunjung ke kantor Kemenag Rembang,” kata Mukson.

Pojok ZI ini diwarnai dengan kearifan lokal, yaitu batik Lasem yang merupakan produk unggulan Kabupaten Rembang. Batik Lasem adalah produk khas yang sudah bertaraf internasional. Mukson mengatakan, performa batik Lasem ini merupakan gambaran dari layanan Kemenag Rembang kepada warna Rembang. “Batik Lasem mempunyai kualitas yang tinggi. Sama dengan pelayanan kita juga harus berkualitas dan disesuaikan dengan karakteristik masyarakat Rembang pada khususnya,” papar Mukson.

Layanan Pojok ZI ini melengkapi layanan Kemenag Kemenag Rembang, yaitu PTSP. Di PTSP tersedia fasilitas yang lengkap, yaitu Pojok Snack, Pojok Baca, Pojok Bermain, kursi roda, dan lainnya.

Sejumlah fasilitas lainnya yaitu layanan PLHUT dan Taman ZI, yang menunjang kenyamaan kinerja ASN dalam rangka mewujudkan ZI menuju WBK dan WBBM. –kontri