Pokjawas Genjot Peningkatan Kompetensi Guru

Rembang – Guna meningkatkan kompetensi guru, MIN 2 Rembang mengadakan kegiatan in house training. Kegiatan In House Training merupakan salah satu rintisan kegiatan KKG yang dilaksanakan oleh Pokjawas Kankemenag Kabupaten Rembang. Kegiatan ini pertama kali diadakan di MIN 2 Rembang,  Sabtu (16/03).

Pelatihan yang diikuti oleh puluhan guru MI dan MTs ini menghadirkan narasumber Pengawas Madrasah, Abdul Aziz. Selain memberikan pembinaan kepada guru, kegiatan ini diisi dengan diskusi yang difasilitasi oleh narasumber.

Aziz mengatakan, dalam menjalankan tugasnya untuk mengajar, guru sangat butuh pembinaan, pendekatan, dan sentuhan. Oleh karena itu, berdasarkan kesepakatan dengan Kelompok Kerja Guru, kegiatan ini akan diadakan setiap bulan.

“Di tengah padatnya kegiatan, kami sempatkan waktu untuk memberikan pembinaan dan sharing dengan KKG,” kata Aziz.

Aziz berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi guru madrasah. “Kompetensi yang diharapkan adalah empat kompetensi guru  sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Udang nomor 14 tahun 2015 tentang guru dan dosen. Yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional,” jelasnya.

Pelatihan ini diisi materi tentang Penyusunan RPP berbasis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), Literasi 4C dan HOTS. Didampingi dengan pengawas lainnya, Agung Suharto, Aziz menjelaskan tentang penyusunan RPP yang benar berdasarkan standar proses. Selanjutnya menjelaskan bagaimana cara mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di dalam pembelajaran.

“Ada lima karakter yang perlu diperdalam dan diperkuat dalam pembelajaran di kelas, yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong royong, dan Integritas,” jelas Aziz.

Selain itu, dijelaskan pula penerapan literasi keterampilan abad 21 atau 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Setelah diberikan penjelasan, guru diminta untuk mempraktikkan menyusun RPP berbasis PPK, Literasi 4C, dan HOT. Setelah selesai, peserta mempresentasikan hasil penyusunan RPPnya, ditanggapi oleh peserta dan narasumber. (iq/gt)