PORSEMA, Ajang Silaturrahmi Sekaligus Penunjang Bakat dan Minat Siswa

Temanggung – Pekan Olah Raga dan Seni Maarif (Porsema), merupakan kegiatan yang diselenggarakan dua tahun sekali mulai dari tingkat Kecamatan sampai tingkat pusat. Tujuan diadakannya kegiatan Porsema adalah sebagai wahana penyalur bakat, minat, pengetahuan dan keterampilan siswa. Disamping itu juga sebagai arena yang menyenangkan, mandiri, sportif dan bermanfaat, serta untuk meningkatkan pengetahuan dalam ikatan tali silaturrahim. Demikian disampaikan Komari, Pengawas Sekolah Madya Kecamatan Kedu, ketika memberikan sambutan dalam upacara pembukaan seleksi Porsema Kecamatan Kedu, Rabu, (23/1), bertempat di MI Al Huda Kutoanyar Kedu.

Selanjutnya dijelaskan bahwa, melalui seleksi Porsema diharapkan melahirkan juara yang mampu bersaing dan membawa nama baik Kecamatan Kedu di Porsema tingkat Kabupaten, yang akan dilaksanakan Sabtu-Minggu, (26-27/01).

Komari menyampaikan, maksud dari kegiatan tersebut yaitu sebagai wadah penyalur minat dan bakat, pengetahuan dan keterampilan siswa dalam membentuk kegiatan yang menyenangkan.

Selain itu kegiatan ini bersifat mandiri, menjadi ajang silaturrahmi dan menunjang sportivitas serta memberi nilai manfaat bagi siswa maupun lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif NU. Komari juga menyampaikan tentang tujuan dari kegiatan tersebut, “Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, memantapkan semangat persatuan dan jalinan ukhuwah diantara siswa dan lembaga pendidikan, serta menguatkan motivasi siswa untuk berprestasi,” katanya.

Dia juga menyampaikan target dari kegiatan ini yaitu menjaring potensi pelajar yang berbakat dan berprestasi, mendorong terbentuknya generasi yang unggul dan kompetitif, dan tersiapkannya delegasi yang tangguh dalam ajang Porsema dijenjang selanjutnya.

Sementara Mustofa, selaku ketua panitia menyebutkan bahwa seleksi porsema tingkat Kecamatan ini diikuti oleh 150 peserta dari seluruh MI Maarif Kecamatan Kedu. Adapun cabang yang dilombakan antara lain pidato, MTQ, Kaligrafi, Pencak silat, atletik dan cerdas cermat dan beberapa lomba lainnya.

“Lomba tahun ini kami persiapkan secara serius baik penyelenggaraan ataupun pembinaan peserta, targetnya Kecamatan Kedu pada Porsema tahun ini dapat menjadi juara umum tingkat Kabupaten,” ujar Mustofa saat ditanya target prestasi.(nm/sua).