Rangkaian Kegiatan HAB Telah Dimulai

Pemalang – Rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti ke-73 tahun 2019 di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang resmi dimulai. Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Khataman Akbar yang diselenggarakan di KUA Kecamatan Ampelgading, Jumat (7/12) siang menandai dimulainya hari ulang tahun dibentuknya Kementerian Agama RI 73 tahun silam.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Khataman Akbar menandai dimulainya rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama RI di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang,” jelas Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman disela-sela acara.

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan HAB di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang tidak memungut biaya sepeserpun dari ASN jajarannya. Seluruh biaya penyelenggaraan dibebankan kepada koperasi pegawai di lingkungan Kankemenag.

Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Khataman Akbar diikuti oleh seluruh PNS Kankemenag di wilayah Pantura dan perwakilan ASN dari wilayah Pemalang selatan. Kegiatan turut diikuti oleh Camat Ampelgading dan tamu undangan.

Rangkaian kegiatan HAB ke-73 di Kankemenag Kabupaten Pemalang terdiri dari 10 kegiatan. Diawali dengan kegiatan kali ini dan akan diakhiri dengan acara puncak yakni upacara bendera HAB ke-73 di Halaman makam Syaikh Maulana Syamsudin Sugihwaras yang terletak di pantai Widuri.

Ada momen menarik dalam kegiatan ini, yakni dilaksanakannya akad nikah oleh dua pasang pengantin di tengah-tengah acara. Hal ini membuat peserta kegiatan berdesak-desakan ingin melihat jalannya prosesi akad nikah yang dipimpin oleh Kepala KUA Kecamatan Ampelgading, Zainul Musta'in.

Selesai pelaksanaan akad nikah, Kepala Kankemenag bersama Camat Ampelgading menyerahkan buku nikah kepada dua pasang pengantin. Kepala Kankemenag juga menyerahkan bantuan kepada 26 anak yatim, 14 marbot masjid dan guru madin.

Taufik juga menyerahkan ijin operasional kepada tiga lembaga pendidikan keagamaan Islam di Kabupaten Pemalang. Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Khataman Akbar diakhiri dengan makan tumpeng bersama. (fi/rf)