Rapat Koordinasi Jajaran Pimpinan Kemenag Kota Semarang

Semarang – Rapat Koordinasi merupakan salah satu bentuk komunikasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi atau pun institusi. Kegiatan rakor inilah yang rutin dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang untuk menyelaraskan kinerja di beberapa satker serta saling memberikan informasi satu dengan yang lain. Rakor jajaran pimpinan Kankemenag Kota Semarang berlangsung seusai apel pagi Selasa (23/05) dipimpin langsung oleh Kakankemenag Muh Habib di Ruang Kepala Kantor.

Rapat tersebut diikuti oleh pejabat eselon IV, Kasubbag Tata Usaha (Labib), Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (Ahmad Samsudin), Kasi Bimas Islam (Ahmad Zainudin), Kasi Pendidikan Madrasah (Azhar Wibowo), Kasi Pendidikan Agama Islam yang merangkap sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Rachmad Pamuji). Diikuti pula oleh Penyelenggara di lingkungan Kemenag Kota Semarang, Gara Syari’ah (Chuwaishoh), Gara Kristen (Stephanus Prihadi) dan Gara Katolik (Wawan Indriyanto).

Dimintai keterangan seusai rakor, Kakankemenag Muh Habib memaparkan beberapa agenda pembahasan dalam pertemuan tersebut antara lain tentang serapan DIPA di masing-masing satker sampai dengan perkembangan terakhir, kegiatan internal kantor selama bulan puasa Ramadhan 1438 H dan pendamping Tarawih Keliling (Tarling) Walikota dari unsur Kemenag. Rapat juga menyinggung tentang tuan rumah tarling walikota dan Muspida di Kankemenag Kota Semarang.

“Berdasarkan jadwal Tarling Walikota dan Muspida, tahun ini akan dilaksanakan 8 kali secara bergiliran di beberapa instansi dan 8 kali di beberapa Masjid dengan Kecamatan sebagai penyelenggara,” kata Muh Habib.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya mengeluarkan jadwal pendamping Tarling Walikota dari unsur Kemenag. “Secara bergantian, Kasubbag, Kasi dan Kepala KUA harus mengikuti tarling. Juga pengawas, penghulu dan penyuluh agama Islam harus terlibat aktif,” lanjutnya.

Koordinasi adalah kunci pokok suksesnya tujuan. Dengan duduk bersama, beberapa masalah bisa disampaikan, diurai dan dicarikan solusi pemecahannya. Rakor juga membicarakan kegiatan di masing-masing satker internal Kemenag yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Habib berharap dengan koordinasi dapat meningkatkan kerjasama dan hubungan harmonis antar satker dan antara pimpinan dengan bawahan sehingga akan berkorelasi terhadap kinerja dan tercapainya visi misi Kemenag Kota Semarang.

Terkait dengan kesiapan Kemenag sebagai tuan rumah tarling Walikota, Kepala Kantor memerintahkan Kasubbag TU untuk segera mengadakan rapat pembentukan panitia karena kegiatan tarling tersebut tidak hanya dihadiri oleh Walikota dan Muspida tetapi juga jajaran pimpinan Dinas, instansi dan OPD se-Kota Semarang. (ch/gt)