Rencana Pentasharufan Zakat, Infaq dan Sodakoh di wilayah Kanwil Kemenag Prov. Jateng tahun 2021

Semarang (Humas) – Bidang Penaisdayazawa menggelar Rapat Rencana Pentasharufan Zakat, Infaq dan Sodakoh pada Kanwil Kemenag Prov. Jateng Selasa (4/5) di Ruang Rapat PTSP. Rapat dipimpin langsung oleh H. Sobirin selaku Ketua UPZ Kanwil Kemenag Prov. Jateng. Tampak hadir juga seluruh Pengurus UPZ Kanwil Kemenag Prov. Jateng. 

“Menindaklanjuti Gerakan Cinta Zakat secara Nasional  maka akan dilaksanakan acara lanjutan Launching Gerakan Cinta Zakat tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Kamis, 6 Mei 2021 di Gradhika Kantor Gubernur. Nantinya acara ini akan disiarkan secara langsung via zoom, serta akan dilaksanakan pembayaran zakat pribadi yang akan diwakili langsung oleh Gubernur dan Wagub Jawa Tengah, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng dan para pengusaha,” ucap Sobirin.

“Alhamdulilah pada tahun 2020 UPZ Kanwil Kemenag Prov. Jateng telah menyetorkan dana zakat sebesar 294.731.978 ribu rupiah ke Baznas Provinsi Jawa Tengah,” imbuhnya.

Dari dana yang telah di setorkan pada Baznas maka dana pentasharufan sebanyak Rp 209.162.300 telah dibagikan ke 341 mustahik di Kanwil Kemenag Prov. Jateng pada tahun 2020. 

Dengan adanya perubahan rekening ASN Sekjen khusus Tukin maka proses pemungutan Zakat, Infaq dan Sodakoh ditahun 2021 ada sedikit hambatan. 

“Maka penyetoran dana zakat kita lakukan secara bertahap, mulai dari Gaji lalu dilanjutkan pemotongan dari Tukin,” ucap 

Pada tahun 2021 hingga awal Mei Dana Zakat yang telah disetorkan pada Baznas sebesar Rp 86.162. 735 lalu sebesar 70% dana tersebut akan diberikan melalu Pentasharufan sebesar Rp 60.300.000. Rencana Pentasharufan Zakat, Infaq dan Sodakoh akan disalurkan pada keluarga fakir miskin ASN di wilayah Kanwil Kemenag Prov. Jateng sebanyak 67 orang ditambah pegawai cleaning service, satpam dan pegawai kantin sejumlah 30 orang hingga total akan disalurkan pada 97 orang. (pqq).