RKAT UPZ Kankemenag, Rencanakan Target dan Program Unggulan

Banjarnegara –  Tanda bahwa sebuah lembaga sehat adalah kemampuannya melakukan Rapat Kerja Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT), demikian disampaikan H. Masdiro Kakankemenag Kabupaten Banjarnegara Rabu ini (30/01) dalam Raker RKAT UPZ Kankemenag Kabupaten Banjarnegara.

Raker bertema “Kuat Karena Zakat”, dilaksanakan di Aula Masjid Al Ikhlas sebagai kegiatan Laporan Kegiatan RKAT Tahun 2018 dan Penyusunan RKAT Tahun 2019 dari UPZ Kankemenag Kab. Banjarnegara. Kegiatan dihadiri 30 orang yang terdiri dari Pengurus UPZ Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, Kepala Satker MAN, MTsN dan MIN se kabupaten Banjarnegara  dan juga hadir Sekretaris BAZNAS kabupaten Banjarnegara, Eko Djunaedi.

Apresiasi disampaikan Kepala Kantor atas program-program yang sudah terlaksana pengurus UPZ mulai proses pemungutan zakat, pentasyarufan zakat dan program pemberdayaan atas pengelolaan zakat.

Telah tercatat bahwa pendapatan zakat melalui UPZ Kankemenag paling besar dibandingkan dengan UPZ-UPZ yang ada di Kabupaten Banjarnegara, tahun 2018 tercatat Rp. 2.455.164.879,-. Dari jumlah tersebut 70% atau Rp. 1.750.789.335,- ditasyarufkan oleh BAZNAS Kabupaten melalui UPZ Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, terangnya.

“Kesadaran atas zakat sudah terbukti jajaran Kementerian Agama Kabupaten, bahkan jumlah tersebut melampaui dari target RKAT dikarenakan zakat bukan hanya berasal dari gaji pokok namun juga tunjangan,” ucap Masdiro.

Yakinkan atas zakat yang dikeluarkan dari pendapatan kotor menjadikan berkah, bukan hanya dalam bentuk pendapatan juga kesehatan dan hal ini perlu disyukuri, tambahnya.

Diharapkan dengan adanya Raker, laporan pertanggung jawaban RKAT 2018 bisa diterima, dan bisa dijadikan evaluasi, kritik membangun ke depan lebih baik. Sedangkan untuk RKAT 2019 untuk bisa diberikan masukkan agar terencana Target yang Tepat dan Program Unggulan yang bermanfaat.

“Melalui Raker semua rencana kerja bisa dicermati, disampaikan dengan tranparan, akuntabel dan tepat sararan. Semoga Hasil Raker dan pelaksanaan nantinya menjadi contoh UPZ-UPZ di Banjarnegara dari rencana program dan kesuksesan pelaksanaanya,”pungkasnya.

Adapun program Unggulan yang direncakan RKAT 2019 seperti Insentif Pendidik Agama, Benah Masjid, Benah Rumah Fakir dan Miskin, Beasiswa Santri Tahfidz, Silaturrohim dan Dakwah Jumat Menyapa Umat. Karena Banjarnegara rawan bencana, juga diprogramkan Bantuan Bencana Banjarnegara. (Nangim)