Seksi PAKIS Perkuat Tenaga Pengolah Data

Tegal –Kantor Kementerian Agama Kota Tegal melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) menggelar Sosialisasi Penguatan Tenaga Pengolah Data PAIS, Senin (20/11) di Hotel Pessona Kota Tegal.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, para Kasi, para Pengawas sekolah se Kota Tegal serta diikuti sekitar 50 peserta,yang terdiri dari unsur Guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Saat pembukaan acara KakanKemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan menyampaikan sambutanya, bahwa sebagai bukti kemajuan pendidikan, terutama pendidikan islam yang unggul dan moderat, maka setiap data harus selalu terupdate setiap waktu.

Karena kualitas data  pendidikan yang selalu terupdate sangat mendukung kesuksesan dan kemajuan pendidikan, “ujar Farkhan

Selanjutnya, Farhan juga menjelaskan tentang pendidikan yang unggul, khususnya dalam pendidikan islam,  dimana pendidikan islam merupakan pendidikan yang lebih baik, lebih cakap dan lebih tinggi dari pendidikan umum, sedangkan yang dimaksud dengan moderat adalah sebuah pendidikan yang bisa diterima oleh banyak orang, karena pendidikan agama islam bukan merupakan pendidikan yang ekstrim.

Oleh karena itu, Ia menekankan, bahwa seorang tenaga pengolah data harus profesional dalam mengintegrasikan ilmu agama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan demikian maka kita bisa menuju kepada sebuah pendidikan moderat yang unggul dan unggul yang moderat dalam rangka mengarah kepada murid yang agamis, “tandas Farkhan.

Kwalitas ilmu Pendidikan

Sementara itu Kepala Seksi Pakis, H. Agus Seri,S.Ag melalui Ketua panitia, Eka Umi Saroh Khayati dalam laporan panitia megatakan, Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan sebagai data pais yang disebut EMIS ( Education Managemen Information System ), dimana semua pengolah data sangat diharapkan bisa melaksanakan pengolahan secara optimal.

Ia menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatan kwalitas ilmu pendidikan Agama Islam dalam hal pelayanan penguatan data, “tutur Eka Umi Saroh.(IM/rf)