Selama Ramadhan ASN Kemenag Mendapat Pembinaan Mental

Cilacap – Lain dari kegiatan apel biasanya, selama bulan suci Ramadhan seluruh aparatur Kementerian Agama Kabupaten Cilacap mendapat pembinaan mental pada apel pagi. Tidak memerlukan waktu lama, yakni hanya berkisar tiga hingga lima menit. Materi pembinaan disampaikan melalui pembina apel yang diberi jadwal dan materi tersendiri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Jamun mengatakan bahwa, momen bulan Ramadhan merupakan kesempatan istimewa, sehingga harus bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. Menurutnya, memberikan pembinaan di saat aparatur berpuasa diharapkan keberhasilannya meningkat. Sehingga akan bisa berdaya dalam meningkatkan kualitas kepribadian. Terutama sikap mental aparatur yang akan berefek pada perbaikan kinerja.

“Orang yang berpuasa berarti dia sedang berusaha untuk mengendalikan nafsunya. Mereka berlomba-lomba mendapatkan kebaikan. Saling menasehati dan mengingatkan dalam hal kebaikan dan sabar menjadi sangat penting. Maka melakukan pembinaan dengan cara saling mengingatkan menjadi krusial dilaksanakan menuju keberhasilan organisasi. Pada momen Ramadhan, pembinaan diharapkan berdampak signifikan terhadap produktifitas dan kualitas kinerja,”katanya.

Dikatakan lebih lanjut bahwa, pembinaan aparatur selama bulan suci Ramadhan merupakan pengganti dari pembinaan setiap Selasa pagi. Bedanya, selama Ramadhan pembinaan dilakukan dalam apel dan waktunya singkat serta tidak dibacakan kitab tafsir. Akan tetapi muatannya diharapkan mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Sementara itu, para aparatur menyambut baik atas langkah kebijakan Kakankemenag Kab Cilacap. Hal ini terlihat pada antusiasme aparatur saat mendengarkan nasehat-nasehat yang diberikan pembina apel.

Tujuan inti dari kegiatan pembinaan adalah terciptanya pribadi aparatur yang mulia. Pribadi yang luhur diyakini sebagai tolak ukur peningkatan kualitas maupun produktifitas kinerja sebagai modal pokok layanan prima.(On/bd)