Semarak Ramadhan, MAN 1 Surakarta Gelar Pengabdian Masyarakat

Surakarta – Dalam rangka menyemarakan Ramadhan 1438 Hijriah, Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Surakarta menggelar kegiatan sosial yang merupakan agenda tahunan dikemas dalam bentuk pengabdian pada masyarakat.

Kepala MAN 1 Surakarta, Hariyadi Purwanto, mengatakan kegiatan ini bertujuan menumbuhkan jiwa sosial siswa sekaligus sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diterima langsung di masyarakat.

“Siswa kami akan langsung terjun di masyarakat, berbaur dan menyelami kehidupan masyarakat. Hal ini sebagai sarana untuk menanamkan rasa sosial sekaligus belajar tentang kemasyarakatan,” katanya di sela-sela pelepasan siswa, Selasa (13/6).

Diharapkan, semoga dengan kegiatan ini bisa menambah pengalaman hidup (life skill) siswa terutama tentang ilmu kemasyarakatan, yang tidak bisa di dapat di bangku sekolah namun langsung di masyarakat.

“Siswa harus ikhlas dalam melaksanakan kegiatan, jaga nama baik madrasah tercinta karena mewakili institusi MAN 1 Surakarta,” jelas Hariyadi.

Pada kesempatan yang sama Waka Humas MAN 1 Surakarta, Ali Muhson, mengatakan ada yang berbeda dalam pelaksanaan kegiatan sosial masyarakat tahun ini, karena dilaksanakan secara serentak.

“Kegiatan diselenggarakan di tiga kecamatan yang ada di kabupaten Sragen, yaitu Masaran, Gemolong, dan Kalijambe,” papar Muhson.

Dikatakan untuk Kecamatan Masaran kegiatan ini diberi nama AROMANISKA ( Aksi Romadon MAN 1 Surakarta), yang dikoordinasikan oleh OSIS.

“Untuk kecamatan Gemolong, kegiatan bernama CDR ( Camping Dakwah Romadon ), yang dikoordinir oleh siswa¬† program keagamaan. Sedang di Kalijambe diberi nama BBM ( Boarding School Bersama Masyarakat), dikoordinir oleh siswa program Boarding School,” pungkas Muhson. (ma1-rma/Wul)