Siapkan Peserta Didik Hadapi Persaingan Global Melalui Lomba MAPSI

Surakarta –  Sebagai upaya meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan peserta didik SD dalam menghadapi persaingan global, Korwil 1 Kecamatan Laweyan menggelar lomba Mata Pelajaran  Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) ke 21 dalam 15 cabang lomba yang diikuti oleh 584 siswa di SD Takmirul Islam Laweyan Surakarta, Rabu(3/10).

Hadir pada kegiatan lomba MAPSI ini  Kasi PAKIS Kemenag Kota Surakarta  Zarkasi,  bersama pengawas PAI SD Kecamatan Laweyan Sumiyati untuk memantau langsung jalannya lomba MAPSI hingga acara penutupan dan pembagian hadiah.

“Kegiatan lomba MAPSI merupakan agenda rutin tahunan hendaknya didukung penuh oleh guru-guru PAI dan dilestarikan guna menggali dan menumbuhkan bakat dan potensi peserta didik SD dalam pengetahuan dan ketrampilan PAI,” ujar Zarkasi di sela-sela kunjungannya.

Zarkasi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada keluarga besar Korwil 1 Dinas Pendidikan Kecamatan Laweyan, K3 dan KKG PAI yang telah menyengkuyung dan mensukseskan lomba MAPSI.

Kegiatan serupa juga digelar di 4 kecamatan lainnya di Korwil 2 dan korwil 3 secara serentak yaitu pada tanggal 2 Oktober Kecamatan Jebres ,tanggal 3 Oktober Kecamatan Banjarsari dan Serengan serta tanggal 4 Oktober Kecamatan Pasar Kliwon.

Menurut ketua KKG PAI kecamatan Laweyan, Sugeng, lomba MAPSI ini bertujuan sebagai tolak ukur penerapan Kurikulum 2013 dan muatan Lokal BTQ SD, meningkatkan gairah belajar PAI dan akhlak mulia serta menumbuhkan dan mengembangkan life skill.

Adapun 15 cabang lomba yang digelar meliputi;  cabang lomba PAI-BTQ -GEBSA,LK TIKI,LCC,Kewirausahaan Islam, Adzan dan Iqomah, Rebana, Khat, Kaligrafi, Khitobah, Macapat Islami, Hifdil Qur'an, Cerita Islami, tilawah dan Karya Ilmiah. Siswa yang berhasil mendapat juara 1 tiap cabang lomba akan maju ke tingkat Kota yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2018. (myt_rma/bd)