Sinergi Kemenag dengan Kantor Imigrasi Layani Calon Jemaah Haji lakukan Pembaruan Paspor

Wonosobo – Kankemenag Kab. Wonosobo bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Wonosobo laksanakan kegiatan pelayanan pembaruan paspor bagi calon jamaah haji dengan memanfaatkan program layanan Eazy Paspor milik Kanim Wonosobo. Layanan tersebut dimulai pada pukul 08.00 wib di aula Kankemenag Kab. Wonosobo pada hari Senin (27/9).

Dalam keterangannya, Dwi Subrata, selaku Kasi/Gara PHU Kankemenag Kab. Wonosobo mengatakan ada delapan belas calon jamaah haji yang melakukan pembaruan paspor, “pemohon yakni calon jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo sebanyak 18 orang yang melakukan pembaruan paspor haji,” kata Dwi Subrata.

Ia menambahkan, pelayanan tersebut dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, “pelayanan selama tiga jam untuk 18 orang, sehingga tidak terjadi penumpukan antrian. Kami juga mewajibkan calhaj untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum memasuki aula,” tandas Dwi Subrata.

Terkait kerjasama tersebut, Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, menyampaikan ucapan terimakasih dan mendukung sepenuhnya sinergi lintas sektoral dalam pelayanan paspor ini, “hal ini sangat membantu memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya calon haji Kabupaten Wonosobo karena untuk pembuatan paspor bisa dilayani di Kankemenag setempat,” ungkapnya.

Ia berharap inovasi tersebut bisa dicontoh Kankemenag Wonosobo dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dengan berbagai macam terobosan baru.

Selanjutnya, hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kasubsi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Jerold, dalam kesempatan itu pihaknya memberikan sosialisasi mengenai Layanan Eazy Passport kepada seluruh pemohon sebelum proses pelayanan,

“seluruh proses permohonan paspor ini mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi kegiatan. Selanjutnya Paspor yang sudah jadi nantinya bisa diambil secara perwakilan atau bisa juga dikirim ke rumah melalui jasa PT Pos Indonesia,” tandasnya. Ps-Ws