Siswa MAN Wonogiri, Wakili Kabupaten Wonogiri Ikuti Lawatan Sejarah Regional

Wonogiri – Muhammad Rizky Darmawan Siswa MAN Wonogiri mewakili Kabupaten Wonogiri mengikuti kegiatan Lawatan Sejarah Regional Tahun 2018 wilayah kerja Provinsi DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur  yang di selenggarakan Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta dengan tema “ Sejarah sebagai penguat Ingatan Kolektif Dalam Pendidikan Karakter” pada  27 – 30 Maret 2018 di Tuban Jawa Timur.

Sebelumnya Rizki telah mengikuti Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah Jawa Tengah di Purwokerto, 20 – 22 Maret kemarin, dia mampu terpilih dengan keberhasilan mempresentasikan materi yang berjudul “Peran Jawa Tengah Dalam Penyebaran Islam di Nusantara”.

Kepala MAN Wonogiri, Wiyana di dampingi Guru sejarah Istiqomah, Jum’at (23/03) di Ruangnya  menyampaikan bahwa MAN Wonogiri mendapat undangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri untuk mengikuti Kegiatan Lawatan Sejarah Jawa Tengah di Purwokerto dan menugaskan  Muhammad Rizky Darmawan  untuk mengikuti even tersebut mengingat kemampuan dan prestasi rizki di bidang seni sangat bagus.

Menurut Wiyana sesuai Surat dari selenggarakan Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta kegiatan lawatan sejarah daerah mempunyai tujuan untuk memberikan inspirasi dan membangkitkan wawasan serta kesadaran bagi generasi muda untuk meneladani semangat juang dan pengabdian para pahlawan.

“Lawatan sejarah tersebut juga bertujuan agar peserta yang diikuti oleh siswa SMA/MAN  bisa memahami nilai-nilai kepahlawanan dan arti perjuangan para tokoh sejarah di masa lampau sehingga dapat menumbuhkan idealisme dan jiwa patriotik,” jelas Wiyana

Selain itu, lawatan sejarah juga diharapkan bisa memperkenalkan objek-objek peninggalan bersejarah dan mengenal lebih dekat warisan budaya bangsa guna menumbuhkan sikap gemar melestarikan, melindungi, dan memelihara peninggalan sejarah dan tradisi.

Menanggapi prestasi tersebut Plt. Kasi Pendidikan Madrasah  Kankemenag Wonogiri, Sarwono  menyampaikan bahwa prestasi harus menjadi cambuk dan entry point bagi kepala dan guru Madrasah untuk selalu meningkatkan komitmen, integritas, kinerja yang bagus dan prestasi yang tinggi. Hal ini penting agar semangat kerja, kreativitas, dedikasi dan komitmen serta kinerja mereka dapat terus terpelihara dan meningkat dari waktu ke waktu.

“Kepada ananda  Muhammad Rizky Darmawan selamat berjuang di ajang regional, terus berprestasi dan tetap semangat agar menanamkan terus jiwa berprestasi dan prestasi dan jaga nama baik kabupaten Wonogiri,” imbuh Plt. Kasi Penmad. (Mursyid_Heri/Wul)