Sosialisasi Penerimaan PIP Tahap II

Kab. Pekalongan – Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, MTs Negeri 2 Pekalongan menyelenggarakan acara Sosialisasi Penerimaan Dana Bantuan PIP Tahap II untuk tahun anggaran 2021. (Kamis, 28/10/2021)

Acara yang diikuti oleh 94 siswa penerima dana bantuan PIP beserta orang tua/walinya ini dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi 1 diikuti sebanyak 56 siswa dan orang tuanya, sedangkan sesi 2 diikuti oleh 48 siswa beserta orang tuanya. Sebelum menerima dana bantuan PIP sebesar Rp 750.000,00 untuk masing-masing siswa, terlebih dahulu dilaksanakan sosialisasi dan penjelasan teknis terkait penyaluran dana PIP ini.

Bapak Imam Sayekti, S.Pd., M.Si.,M.Pmat selaku Kepala Madrasah dalam sambutannya menyampaikan bahwa dana bantuan yang berasal dari Program Indonesia Pintar ini harus tepat sasaran dan tepat penggunaannya, yakni untuk kepentingan belajar siswa.

Kamad juga memberikan motivasi pada seluruh siswa penerima dana bantuan PIP untuk terus meningkatkan prestasi belajarnya.

“Jika kalian bisa meraih prestasi selama belajar di MTs Negeri 2 Pekalongan ini, maka prestasi tersebut akan menjadi nilai tambahan untuk kalian ketika melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi nantinya, serta akan menjadi catatan sejarah baik bagi diri sendiri maupun orang lain.” demikian ungkap Imam Sayekti.

Tak lupa, beliau juga berpesan pada seluruh orang tua/wali murid agar selalu memotivasi putra-putrinya untuk belajar dengan baik sehingga kelak bisa meraih cita-citanya.

Sementara itu, sosialisasi dan penjelasan teknis tata cara penerimaan dana bantuan PIP disampaikan oleh Wakamad bidang Kesiswaan, Matyuri, S.Pd. Ia memaparkan secara detail terkait cara pengisian berita acara, referensi barang-barang yang bisa dibelikan dengan dana bantuan PIP, sampai pengisian rencana belanja yang akan dilakukan oleh siswa menggunakan dana bantuan tersebut.

Tentu saja, yang diprioritaskan adalah yang menunjang kegiatan belajar siswa seperti diktat pembelajaran, buku dan alat tulis, seragam sekolah, kuota, masker, dan keperluan sekolah lainnya. Setelah itu, orang tua/ wali bersama siswa bersama-sama merinci rencana belanja tersebut sebelum mencairkan dana bantuan PIP kepada petugas.

Matyuri juga berpesan pada orang tua/wali maupun pada siswa untuk menyerahkan nota pembelian sebagai bentuk pertanggungjawaban atas penggunaan dana bantuan PIP yang telah diterima hari ini. Matyuri meyakini, dana bantuan PIP tesebut akan sangat bermanfaat bagi para siswa. “Semoga bisa menambah semangat mereka dalam belajar.” harapnya mengakhiri acara tersebut. (Why/Ant/bd).