Suasana Pandemi Covid-19 MTs Negeri Batang Lepas Siswa Kelas IX Dengan Zoom Meeting

Batang – Sebagai wujud sukur kepada Allah SWT atas selesainya menghantarkan peserta didiknya selama 3 tahun, MTs Negeri Batang mengadakan pelepasan siswa kelas IX yang diselenggarakan pada Sabtu (12/06) yang lalu. Karena masih di masa pandemi covid-19 yang masih menggejala, acara itu diselenggarakan dengan membatasi peserta, kelas IX yang diundang hanya 22 siswa beserta Orang tuanya sedang yang lain mengikuti prosesi secara zoom meeting (online). Hadir dalam acara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang yang didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Kepala MTs Negeri Batang, Pengawas Madrasah, Kepala Desa Sengon Subah, Pengurus Komite serta seluruh dewan guru.

Kepala MTs Negeri Batang H. Fathudin dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara pelepasan siswa kelas IX tahun ini.

“Saya ucapkan selamat datang pada Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang yang dapat hadir secara pribadi juga Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Pengawas dan komite madrasah, mohon maaf bila dalam sambutannya kurang berkenan,” kata H. Fathudin.

Dia juga menerangkan bahwa acara pelepasan siswa ini tidak maksimal, mengingat situasi pandemi covid-19 maka tidak semua siswa kelas IX dihadirkan hanya beberapa saja sebagai wakil, sementara yang lain mengikuti dari rumahnya masing-masing melalui zoom meeting.

“Karena kondisi covid-19 maka saya mohon maaf kepada anak anak yang mengikuti acara secara virtual, tidak bisa dihadirkan di madrasah,” tambahnya.

H. Fathudin juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada orang tua siswa dan komite madrasah  yang telah bekerjasama selama 3 tahun untuk bersama-sama mendidik putera putrinya.

“Saya sampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada orang tua wali murid dan komite madrasah yang telah bekerja sama selama 3 tahun ini sehingga dapat menghantarkan anak-anak kita menyelesaikan studinya dimadrasah ini, untuk itu pada hari ini atas nama madrasah saya  menyerahkan kembali putera-puteri pada bapak ibu semua,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala kantor Kemenag Kabupaten Batang H.M. Aqsho dalam pembinaannya menyampaikan selamat pada MTs Negeri Batang yang telah dapat menyelesaikan kewajibannya menghantarkan peserta didiknya hingga selesai meskipun di 2 tahun terakhir ini terkendala dengan kondisi covid-19.

“Kita tahu dua tahun terakhir ini semua madrasah mengalami kerepotan dan kesulitan dalam KBM karena harus menghentikan tatap muka dan harus diganti pembelajarannya secara daring, namun saya percaya MTs Negeri Batang telah mampu dengan sigap seluruh guru melakukan pembelajaran secara daringpun dapat dilaksanakan, untuk itu saya mengucapkan selamat sehingga saat ini bisa melepas kelas IX untuk dikembalikan pada orang tua,” kata H.M. Aqsho.

Dia menambahkan selama pandemi cocid-19 anak-anak praktis belajar dirumah yang langsung didampingi oleh orang tuanya masing-masing, kita harus memiliki pemahaman bahwa anak harus lebih hebat dari orang tuanya.Demikian juga orang tua harus selalu memotivasi dan membimbing anak-anaknya menuju ke suksesan baik di dunia maupun diakhirat .

“Selama pandemi anak-anak belajar dirumah yang selalu didampingi oleh orang tuanya, maka kita harus memiliki kesadaran agar anak-anak kita itu harus lebih hebat dari kita, saya mengharapkan agar anak-anak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi,msehingga diharapkan mereka menjadi anak yang sholih sholihah yang hebat dan bermanfaat karena Khoirunnas anfa’uhum linnas sebaik baik manusia adalah yang dapat memberikan manfaat orang lain,” tegasnya.

Sedangkan ketua komite MTs Negeri Batang H.Sukirno atas nama orang tua secara terbuka dan ikhlas menerima kembali peserta didik yang selama tiga tahun dididik di MTs Negeri Batang.

“Mewakili orang tua murid saya mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf kepada pihak sekolah terutama bapak dan ibu guru yang telah menghantarkan dan mendampingi  anak-anak sampai berhasil menempuh kelulusan ini,” kata H. Sukirno.

Dia juga berpesan kepada bapak dan ibu guru untuk selalu ikhlas dan berdedikasi mendidik para siswanya agar madrasah benar-benar menjadi pilihan orang tua dalam menitipkan anak-anaknya dan semoga MTs Negeri Batang menjadi pionir dari MTs yang ada disekitarnya.

Disela-sela acara pelepasan siswa kelas IX ini, kepala madrasah memberikan penghargaan pada 22 siswa yang berprestasi, serta penyampaian kesan-pesan dari perwakilan siswa kelas VII, kelas VIII dan kelas IX yang langsung dibawakan oleh siswa sendiri. (Isti/Zy)