Tagline “Madrasah Lebih Baik” Jadi Motivasi Meningkatkan Kinerja

KaranganyarTagline Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah membebani kita sebagai pegawai di lingkungan Kementerian Agama untuk berusaha lebih baik. Dengan itu kita terhindar dari sikap sembrono sehingga kinerja lebih baik.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad pada Rapat Koordinasi Kepala MTs se Kabupaten Karanganyar, Selasa (22/01). Kegiatan yang dihadiri Kepala Kemenag dan Kasi Pendidikan Madrasah, Hj. Siti Muzayanah ini diikuti 5 Kepala MTs Negeri dan 19 MTs Swasta.

Lebih lanjut Kepala Kemenag menceritakan sebuah kisah tentang seorang pemuda yang berkunjung ke sebuah restoran terkenal di Kota Tua Jakarta. Saat seorang pemuda memesan minuman, ternyata pesanannya tersebut tidak dijual di restoran tersebut karena sudah ada kontrak dengan perusahaan lain untuk tidak menjual minuman yang dikehendaki seorang pemuda tersebut. Singkat cerita, datang seseorang dari toko yang berpakaian rapi dan berdasi memberikan minuman yang dikehendaki seorang pemuda tersebut secara gratis.

Dari cerita tersebut Kepala Kemenag mengambil hikmah tentang nilai lebih dari suatu pekerjaan yang setiap pegawai selesaikan. Menurutnya, sebuah pekerjaan tidak hanya cukup selesai saja, melainkan ada nilai lebih yang dapat dirasakan orang lain.

“Kinerja kita selain harus sesuai dan benar, tapi harus ada nilai lebih sehingga membawa manfaat yang dapat dirasakan orang lain. Begitupun dengan apa yang kita lakukan untuk madrasah, tagline Madrasah lebih Baik jelas mengajak kita untuk terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik,” simpul Musta’in dari cerita Pemuda dan Restoran tersebut.

Selain itu, Kepala Kemenag juga mengatakan agar memetakan kondisi madrasah seperti informasi nilai ujian madrasah yang meliputi nilai masing-masing mapel agama, mapel UN, dan nilai masing-masing sekolah.

Di akhir sambutannya, Musta’in menghimbau agar setiap madrasah membuat program unggulan yang memiliki dampak besar kedepannya. “Mari kita cintai Kementerian Agama dengan Prestasi”, tutup Kepala Kemenag.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah yang memimpin rakor bersama Kepala MTs membahas tentang persiapan UNBK dan UAMBK. Menurutnya, dengan persiapan sedini dan sebaik mungkin akan membuat ujian berjalan dengan lancar.

Kemudian dalam rakor tersebut juga dibahas tentang finalisasi data UNBK dan UAMBK, persiapan pemberkasan TPG 2018, serta persiapan pelaksanaan akreditasi bagi madrasah yang telah berakhir masa akreditasinya. (ida-hd/Wul)