Tari Saman Santri Boarding MAN 1 Pati Meriahkan Gelar Seni dan Budaya Daerah

Pati- Kabupaten Pati terletak di Provinsi Jawa Tengah, Kota Pati dikenal sebagai Bumi Mina Tani, Kota Nasi Gandul, Kota Kacang dan Kota Manggis. Potensi seni maupun budaya Pati diakui Provinsi Jawa Tengah atas bakat karakteristik, kreatif mencapai keunggulan. Potensi selain seni tari, seni tradisional lain, seperti wayang, rebana, ketoprak, cinemathography, seni lukis serta seni lainnya tidak luput dari perhatian.

Badan Kesatuan Bangsa dan politik Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kab. Pati menyelenggarakan “Gelar Seni dan Budaya Daerah” yang berlangsung meriah, di Pendopo Kabupaten Pati, Jum'at malam (2/3/2018)

Kepala MAN 1 Pati Moh Kodri, mengatakan santri boarding MAN 1 Pati ikut berpartisipasi menampilkan tari “Saman” dalam gelar seni dan budaya yang diikuti sebanyak 30 peserta dari Kabupaten Pati yang terdiri dari kelompok seni, tari, dan juga sekolah-sekolah, ujarnya.

Kegiatan tersebut tak lain adalah dalam upaya pelestarian, pembinaan dan pengembangan seni budaya daerah, imbuhnya.

Dengan mengangkat tema ”Gelar Seni Budaya, Pelangi Budaya Jawa Tengah Merona”, ratusan warga tumpah ruah memadati kawasan Pendopo Kabupaten Pati. Mereka berbondong-bondong menikmati pertunjukan yang disuguhkan oleh para peserta.

Kodri mengaku sengaja datang untuk melihat gelar seni dan budaya tersebut. Ia mengaku senang melihat penampilan santri boarding MAN 1 Pati yang dipimpinnya. ”Ini menarik dan menghibur,” terangnya.

Lebih lanjut Ia berharap, lewat gelar budaya ini merupakan pelajaran bagi siswa siswi sekolah terutama santri boarding MAN 1 Pati untuk menunjukkan rasa nasionalisme serta rasa persatuan terhadap tanah air.

”Lewat gelar seni dan budaya ini, kita tunjukkan dari kebudayaan yang berbeda-beda tetapi tetap kompak dan bisa saling toleransi satu sama lain,” terang Kodri. (Athi’/bd)