Technosains Art Camp MTsN 1 Magelang Sangat Diminati Siswa

Mungkid – Siswa MTsN 1 Magelang merasa senang dan beruntung dapat mengikuti kegiatan “Sansama Technosains Art Camp 2018” yang diselenggarakan atas kerjasama MTsN 1 Magelang dengan Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 31 s/d. 1 September 2018 lalu.

Zarimatu Choiria, siswa kelas 8 peserta pelatihan, menyampaikan kegiatan pelatihan berlangsung sangat menarik dan bermanfaat.

“Kegiatannya berlangsung sangat menarik dan manfaatnya banyak. Dibidang seni suara misalnya, saya yang tadinya tidak punya pengetahuan tentang bagaimana teknik vocal yang baik dan benar, jadi lebih tahu. Untuk seni fotografi, sangat menarik teori yang diajarkan tentang teknik Low Speed Fotography (BULP), bagaimana membuat lukisan menggunakan lampu led maupun kembang api,” kata Choiria.

Kepala MTsN 1 Magelang, Gunartomo menyampaikan, Sansama Technosains Art Camp 2018 merupakan tindak lanjut dari Sosialiasi Program Seniman Mengajar Kemendikbud. Seniman Mengajar menyelengarakan kegiatan residensi seniman selama satu bulan di 13 lokasi di Indonesia, salah satunya Borobudur.

“Kita merespon dengan baik sosialisasi program Seniman Mengajar dengan mengadakan MoU berupa program kegiatan pelatihan bagi siswa, khususnya kelas 8 Program Khusus, untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang seni tari, seni musik, dan seni fotografi,” kata Gunartomo.

Gunartomo menyampaikan, Technosains Art Camp 2018 ini dipandu oleh tiga orang seniman yaitu, Imam Abu, seniman di bidang fotografi, videografi dan info grafis, Ela Mutiara, seniman di bidang seni tari, dan Elkandro Purba, seniman di bidang seni musik.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membekali para siswa pengetahuan dasar tentang seni tari, musik, dan sinematografi yang dapat dikembangkan sendiri oleh siswa di kemudian hari. Ada juga kegiatan fun game yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar mempunyai motivasi diri yang tinggi dalam kehidupan dan lebih bertanggung jawab,” lanjutnya. (bs-am/sua)