Tim Pokja ZI Kemenag Brebes Menimba Ilmu ke Purbalingga

Brebes, – Guna mewujudkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Tim Pokja ZI Kemenag Brebes melaksanakan studi banding pada Kantor Kementerian Agama kabupaten Purbalingga, Selasa, (09/11/2021).

Kegiatan Studi Banding di Purbalingga merupakan tindaklanjut dari studi pendahuluan oleh Ketua Tim Pokja ZI Kemenag Brebes di Kemenag Purbalingga. Tim yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, berjumlah 21 orang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Fajarin menjelaskan bahwa kedatangan Tim Pokja ZI  Kemenag Brebes ke Kemenag Purbalingga merupakan agenda studi tiru pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM satuan kerja Lingkup Kantor Kemeneg Brebes.

“Tim Pokja ZI Kankemenag Brebes datang di Kemenag Kab. Purbalingga  juga sebelumnya kami juga melakukan kunjungan ke Kankemenag kabuaten Tegal, bermaksud untuk belajar dari apa yang telah didapatkan oleh Kankemenag Kab. Purbalingga peringkat kedua penilaian Internal oleh TPI Inspektorat Jenderal Kemenag RI secara nasional sebagai lembaga Kementerian Agama yang  saat ini dalam proses penilaian eksternal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi guna memperoleh predikat WBK dan WBBM,” ungkap H. Fajarin. 

H. Fajarin berharap kedatangan Tim Pokja ZI  di Kankemenag Purbalingga  dapat memberikan motivasi dan komitmen bersama di Kemenag Brebes, untuk berbenah diri mempersiapkan semua yang diperlukan dalam rangka memewujudkan  Kankemenag Brebes yang berpredikat WBK dan WBBM.

“Hal ini telah menjadi kesepakatan dan komitmen bersama Kementerian  Agama RI menciptakan birokrasi yang bebas dari korupsi maupun wilayah birokrasi bersih melayani untuk seluruh wilayah Kementerian Agama di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Sebagai ketua rombongan study banding Tim Pokja ZI, H. Fajarin juga berterima kasih atas kesediaan Kankemenag Kab. Purbalingga telah menerima Tim Pokja KanKemenag Brebes dalam membantu memberikan penguatan dan pembelajaran untuk bisa memperoleh predikat WBK maupun WBBM di Lingkup Kankemenag Brebes dengan memberikan ATM beserta isinya yang akan dijadikan sebagai salah satu sarana penguat dalam proses pembangunan ZI dilingkungan Kankemenag Brebes.    

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kab. Purbalingga H. Karsono menjelaskan, akan memberikan semua informasi yang dibutuhkan dari seluruh pembangunan ZI yang  telah dilaksanakan di Kankemenag Purbalingga.

“Kami berikan ATM dan isinya,  apa yang telah kami perjuangkan sialahkan untuk di modifikasi dan diadaptasikan di Kemenag Brebes, dengan harapan Brebes dapat mencapai lebih dari apa yang purbalingga dapatkan,” ungkap Karsono.

“Membangun Zona Integritas kuncinya ada pada komitmen para pejabat dan ASN dalam mendukung program Zona Integritas, sesuatu apapun harus punya motivasi, bangun dari dalam,” tambahnya. 

H. Karsono berpesan agar Tim ZI harus bekerja maksimal tidak setengah-setengah ketika menginginkan menjadi wilayah bebas dari korupsi (WBK). Juga jangan terpaku dengan kendala anggaran, karena setiap kendala pasti ada solusinya.

H. Fajarin Memberikan Sambutan Dalam Sharing ZI di Kemenag Purbalingga.

Sementara itu Ketua Tim ZI Kemenag Kab. Purbalingga, Sudiono dalam paparannya menjelaskan bahwa seorang Kepala dan pejabat lainya harus menjadi Role Model dalam pembangunan ZI di tempatnya. Pembangunan ZI harus dilaksanakan bersama-sama bahwa tidak ada yang paling berperan dan tidak ada yang merasa paling penting. Semua bergerak. Dengan cara mengubah mindset seluruh Pejabat dan ASN dilingkungan kerja masing-masing. 

“Selain pada komitmen dan perubahan mindset pejabat dan ASN, inovasi-inovasi pun perlu terus dilaksanakan, inovasi merupakan bagian dari cara kita memperoleh predikat WBK dan WBBM,” tutup Sudiono.

Sebagai penutup kegiatan ini, setiap area pokja ZI  dari poja 1 hingga 6 Kemenag Brebes diberi kesempatan bertemu dan menimba ilmu langsung dengan setiap pokja ZI Kemenag. Purbalinga dengan harapan dapat terjadinya transfer ilmu dan pengetahuan serta mengetahui kendala-kendala dan solusi yang telah dialami oleh Pokja ZI Kabupaten Purbalingga.(Hid/Sua).