Tingkatkan Kompetensi, Kemenag Klaten Gelar Pembinaan Penghulu

Klaten – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten melalui Bimas Islam menggelar kegiatan pembinaan penghulu, Kamis (24/6) yang diikuti oleh seluruh penghulu di lingkungan Kemenag Klaten, bertempat di RM Bu Mayar Klaten dengan prokes ketat.

Dalam pembukaannya Kakankemenag Klaten, Anif Solikhin mengatakan, KUA merupakan ujung tombak Kemenag dalam melayani masyarakat, karena itu layanan harus terus ditingkatkan.

“KUA itu bukan melayani orang nikah saja, juga melayani masyarakat masalah zakat, wakaf, kemasjidan dan juga keluarga sakinah,” tandas Anif Solikhin.

Pembinaan bagi para penghulu sangat penting guna meningkatkan pengetahuan  dan wawasan para penghulu agar mampu tampil sebagai sosok penghulu yang berintegritas, profesional, inovatif, tanggungjawab dan penuh keteladanan.

KUA mempunyai peran besar sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas Kementerian Agama dalam pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu diharapkan kedepan kegiatan pembinaan terus digalakan dengan harapan kepala KUA dan juga penghulu mampu mengembangkan kinerjanya demi mewujudkan KUA Bersih dan Melayani.

“Penghulu lebih meningkatkan kompetensinya dan memberikan teladanan di tengah-tengah masyarakat terutama pengembangan moderasi beragama, serta lebih proaktif menyikapi problema yang terjadi, khususnya yang berkenaan dengan rumah tangga dan serta masalah-masalah sosial kemasyarakatan lainnya,” pinta Anif.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, pembangunan dan pembinaan keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah (Samara), pencatatan dan proses pernikahan, yang disempurnakan dengan pembinaan pada calon pengantin sangat perlu dilakukan.

Sementara itu kasi Bimas Islam Hartanto menyampaikan, kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan para kepala KUA dan penghulu agar memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan karena para penghulu dan kepala KUA merupakan garda terdepan Kementerian Agama, sehingga diharapkan melalui kegiatan ini para penghulu dan KUA memberikan pelayanan prima bagi masyarakat,” harap Hartanto.

Untuk diketahui, materi pembinaan dari Pengadilan Agama Klaten dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Klaten.(ds_aj/Sua)