Tingkatkan Pelayanan, Kemenag Klaten Gelar Lomba KUA Teladan

Klaten РKUA harus meningkatkan profesionalismenya dalam melayani masyarakat, untuk itu perlu mendapat perhatian dalam pembinaan, evaluasi dan penilaian kinerja seluruh unsur yang ada didalamnya, lomba KUA teladan tingkat Kabupaten Klaten salah satu upaya tingkatkan pelayanan.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif dalam kegiatan rakor dan buka bersama, yang diikuti oleh seluruh Kepala KUA, Kasubbag TU, Kasi dan ASN Bimas Islam yang bertempat di lt 2 Aula Koppenda Kemenag Klaten, Jum'at (1/6).

“Penilaian KUA teladan tingkat Kabupaten Klaten merupakan program tahunan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, yang bertujuan agar KUA termotivasi untuk lebih profesional dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat,” tandas Masmin.

KUA Kecamatan sebagai unit teknis terdepan memiliki potensi dan kedudukan yang sangat penting dalam rangka pencitraan Kementerian Agama secara menyeluruh d imata masyarakat, sebagai salah satu unit pelayanan publik.

“KUA harus mampu memberikan palayanan kepada masyarakat secara optimal, mengingat besarnya tugas dan fungsi tersebut, penilaian kinerja KUA terus ditingkatkan dalam bentuk penilaian KUA Teladan secara berjenjang,” ungkap Masmin.

Hal senada disampaikan Kasi Bimas Islam Hartanto, menekankan perlunya sekali penilaian KUA di tingkat Kabupaten untuk memacu semangat kinerja dalam melayani masyarakat. Sarana dan prasarana pendukung, SDM yang handal dan akuntabel jadi tolak ukur keberhasilan.

Sebanyak 26 KUA di Kabupaten Klaten telah dinilai oleh tim internal Kemenag Klaten dan hasil lomba sebagai motivator bagi KUA untuk lebih meningkatkan seluruh layanannya. Kategori penilaian fisik meliputi kebersihan gedung, tata ruangannya, penataan arsip yang baik tentang data keagamaan, pengelolaan yang baik terhadap SIMKAH, SIWAK, SIMAS. kategori non fisik meliputi penguasaan yang baik dalam membaca kitab kuning, koordinasi antar lintas agama.

“Selain itu, pembinaan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di tingkat Kecamatan serta hal-hal lain yang menyangkut penyelenggaraan pemerintahan di lintas sektoral,” jelas Hartanto.

Hasil lomba KUA Teladan tingkat Kabupaten Klaten, Juara I KUA Kecamatan Manisrenggo, Juara II KUA Kecamatan Karanganom dan KUA Kecamatan Trucuk, masing-masing mendapatkan piala dan uang pembinaan.(aj/Wul)