Training Of Trainer (TOT) Robotik Kerjasama MAN 1 Kota Semarang dengan PT. Racer Robotik Tangerang

Peserta Training Of Trainer Robotik di MAN 1 Kota Semarang mengikuti kegiatan dengan antusias

Semarang – MAN 1 Kota Semarang bekerjasama dengan PT. Racer Robotik Tangerang menyelenggarakan Training Of Trainer (TOT) pada tanggal 05 – 07 November 2021 di MAN 1 Kota Semarang. Training Of Trainer di buka oleh Kepala MAN 1 Kota Semarang H. Tasimin tanggal 05 November 2021 didampingi CEO PT. Racer Robotik Firdiansyah.

Peserta TOT adalah pilihan dari anggota club robotik MAN 1 Kota Semarang. Mr. Aji, narasumber kegiatan tersebut pada hari pertama menyampaikan materi tentang animasi yang menggunakan apk MRT Scratch. Animasi tersebut bisa menjadi game yang bisa di mainkan oleh siapapun melalui apk tersebut.

Pada kegiatan hari ke-2 materi yang disampaikan adalah kreasi IoT menggunakan Bluetooth HC-05. Internet of Things adalah hal yang saat ini digandrungi oleh masyarakat karena sistemnya yg sangat canggih. Bahan yang di gunakan adalah Bluetooth HC-05, Arduino, Apk Arduino IDE, Downloader, dan barang elektronik seperti lampu.

Materi ini sangat seru dan sangat bermanfaat untuk pengembangan ilmu di masa depan. Kegiatan TOT juga dibarengi game-game yang seru dimana para peserta dituntut membuat kreatifitas dari Arduino IDE, dan juga MRT Scratch. Hasil dari game tersebut terdapat 4 karya, yakni:
1.sistem pertanian canggih (karya Najwa Sabila Aryuda dan Naufal Alif Mahendra )
2.robot canngih sistem perumahan dan juga pendeteksi gempa bumi (karya Fauzan Adzima dan Daffa)
3.Game Covid Simulator (karya Sayla Maylatul dan Naufal Rizky Ramadhani)
4.Game penangkap virus (karya Citra Adinda dan Salsabila)
Karya-karya dari peserta TOT mendapat apresiasi dari guru-guru MAN 1 Kota Semarang dan juga pihak PT. Racer Robotik.

Pada sesi terakhir kegiatan TOT, Mr. Aji menyampaikan materi tentang MRT X yaitu properti keluarga terbaru dari Korea yang sudah lebih upgrade drpd MRT sebelumnya.

CEO PT. Acer Robotik Tangerang Firdiansyah pada akhir sesi juga memotivasi para peserta untuk terus mendalami dunia robotik karena di masa depan, robotik mempunyai peran yang sangat besar pada kehidupan manusia. (Rosidi-dm/bd)