Try Out, Ajang Uji Kemampuan Siswa Jelang USBN

Tegal (Slawi) – Seluruh siswa kelas VI SD dan MI se Kabupaten Tegal mulai Hari Senin sampai dengan Rabu (18-20/3) mengikuti try out ujian nasional tingkat kabupaten. Kegiatan yang berlangsung serentak itu merupakan pemanasan sebelum pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada bulan April mendatang. 

Menurut salah seorang anggota tim sunkah soal USBN yang juga pengajar di MIN 3 Tegal, Abdul Kholik, mengatakan bahwa kegiatan try out dapat menjadi tolok ukur keberhasilan guru dalam membimbing anak didiknya selama ini karena soal yang dibuat sesuai dengan kisi-kisi ujian tahun ini. 

“Jika nilai try out ini bagus maka Insya Allah USBN juga akan bagus karena tingkat kesulitan dan bobot soal sama dengan soal USBN, apalagi yang membuat soal adalah tim kabupaten sendiri sehingga tidak akan beda jauh dengan USBN nanti. Jadi ajang try out ini bisa menjadi tolok ukur keberhasilan guru dan siswa dalam pembelajaran yang selama ini mereka alami,” terang Kholik. 

” Dengan adanya try out ini nanti kita bisa menggunakan hasilnya untuk analisis dan evaluasi materi apa yang belum dikuasai siswa, sehingga kita bisa menggunakan waktu sisa sebelum ujian nanti untuk memperbaiki kelemahan- kelemahan siswa.” imbuhnya

Pelaksanaan try out di MIN 3 Tegal sendiri dibuat semirip mungkin dengan USBN, mulai dari penggunaan ruangan, denah tempat duduk, dan suasana keheningan. Hanya satu yang membedakan yaitu tim pengawas yang masih menggunakan pengajar dari lingkungan sendiri. 

“Kami meliburkan siswa kelas I sampai dengan kelas V agar siswa yang mengikuti try out fokus dan serius mengikuti try out, untuk melatih mental mereka menjelang USBN nanti,” ujar Rahmat, salah seorang guru yang menjadi pengawas try out pada hari ini.(gus27/Wul)