Tryout Mandiri Siswa MAN Blora Berjalan Lancar

Blora – Setelah sukses melaksanakan Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) beberapa hari lalu, kemaren (13/2) MAN Blora melaksanakan Tryout Mandiri.

Waka Kurikulum Yuni Dewi L mengatakan bahwa Kegiatan tryout ini dilaksanakan dalam rangka persiapan UNBK MAN Blora Tahun 2018, dimana pada hari  pertama kemarin, tryout berjalan sukses dan lancar.

“kami berharap kegiatan try out mandiri ini bisa membantu siswa kami dalam menghadapi UNBK sesungguhnya, pada bulan April nanti, sehingga siswa bisa lancar mengerjakan soal ujian secara online”.

Pelaksanaan tryout mandiri ini dibagi menjadi tiga sesi, yakni Sesi pertama pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30-12.30 WIB, dan sesi ketiga ini dimulai sekitar pukul 14.00-16.00 serta masing-masing siswa menempati tiga ruangan.

Yuni pun menyampaikan bahwa ada 344 siswa kelas XII yang mengikuti tryout hari ini, dan pihak madrasah meminta siswa banyak berlatih soal untuk persiapan UNBK April nanti. “Tryout hari ini sangat membantu siswa kami agar siswa lebih siap mental maupun memahami sistem online” katanya serius.

Selain materi soal, Dewi menambahkan, tryout dengan sistem online membuat siswanya bisa cepat beradaptasi. “Mudah-mudahan anak-anak nanti menjadi terbiasa dengan banyak berlatih sial seperti ini,” ujarnya.

Syamsudin Aziz, salah satu siswa MAN Blora mengatakan, sistem aplikasi tryout tidak mengalami masalah, dan dari 50 soal bahasa Indonesia yang diujikan kemarin, semuanya berjalan lancar.

Sementara, mengenai soal yang diujikan, pelajar asal Desa Wirosari Kabupaten Grobogan ini mengaku materinya lebih berbobot, Karena itulah, siswa harus benar-benar berpikir keras untuk menjawabnya, namun banyak juga soal yang mudah.

Sementara dari keterangan terpisah, Iaanatun   mengatakan bahwa, dirinya tidak menemui kendala non-teknis selama ujian berlangsung. Makanya, dia lebih fokus untuk menjawab soal-soalnya. “Alhamdulillah kami bisa mengerjakan soal ujian dengan lancar,” tambahnya.

Kepala MAN Blora, Drs. H. Amiruddin Aziz, M.Pd.I menambahkan, tahun ini untuk pertama kalinya madrasahnya menyelenggarakan tryout online secara mandiri.

Pihaknya pun berharap tryout online yang dimulai kemarin bisa membantu mengevaluasi pelaksanaannya. “Kami belum berpengalaman menyelenggarakan sendiri namun alhamdulillah pelaksanaanya berjalan lancar mudah mudahan bermanfaat bagi upaya melatih mental siswa menghadapi UNBK nanti,” katanya. (umi/ima/bd)