Upacara Bendera Akhiri Rangkaian Kegiatan HAB ke-72

Pemalang – Menteri Agama RI mengajak seluruh ASN jajaran Kementerian Agama dan komponen umat beragama untuk menjadi Duta Penebar Kedamaian. Pada hakekatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang Tuhan yang hakiki.

Ajakan dari Menteri Agama disampaikan oleh Wakil Bupati Pemalang saat menjadi inspektur upacara Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama RI, Rabu (3/1) pagi. Upacara diselenggarakan oleh Kankemenag Kabupaten Pemalang di halaman MTs Negeri Pemalang.

"Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera," lanjut Wakil Bupati, Martono.

Setiap tanggal 3 Januari merupakan hari yang membanggakan bagi Kemenag karena pada tanggal 3 Januari 1946 Kemenag resmi berdiri. Dan pada hari itu pula Indonesia mengukuhkan sebagai negara yang pertama kali memiliki kementerian di bidang agama.

Upacara HAB diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang dan siswa MAN Pemalang dan MTsN Pemalang. Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, pengurus FKUB, dan tamu undangan lainnya turut menghadiri kegiatan.

Sebelum membacakan sambutan, Wakil Bupati menyematkan satya lancana karya satya kepada dua orang ASN. Pada tahun ini ada delapan orang ASN yang menerima penghargaan tersebut dan semuanya untuk masa kerja 30 tahun.

Rangkaian kegiatan HAB di lingkungan Kankemenag diawali dengan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW jajaran Kemenag bersama Polri dan TNI Kabupaten Pemalang pada hari Selasa (12/12) di Masjid Al-Ikhlas MTsN Pemalang.

Kegiatan dilanjutkan pada hari Jum'at (29/12) mulai dari jalan sehat Kerukunan Umat Beragama, donor darah, sholat Jum'at bersama jajaran Kemenag, dan lomba tumpeng. Kegiatan berlangsung hingga sore hari yang diakhiri dengan tasyakuran dan khataman akbar di halaman MAN Pemalang.

Kepala Kankemenag, Taufik Rahman seusai kegiatan upacara merasa bersyukur karena rangkaian kegiatan HAB telah berjalan dengan sukses.

"Berkat kerjasama seluruh ASN jajaran Kemenag dan panitia, seluruh rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang bisa berjalan dengan lancar, sukses. Kegiatan bisa terlaksana tanpa sepeserpun memungut iuran dari ASN," jelas Taufik. (fi)