Pemberian Stimulus Untuk PAUDQU di Brebes

UPZ Kankemenag Berikan Stimulus PAUDQU

Brebes, Memiliki seorang anak menjadi dambaan bagi setiap orang yang sudah berumah tangga. Ketika terwujud maka telah menjadi orang tua. Sebagai orang tua tidak hanya harus memenuhi kebutuhan fisik anak saja, tetapi juga kebutuhan psikis anak.

Salah satu kebutuhan psikis anak adalah pendidikan, baik pendidikan umum maupun agama. Orang tua pun menjadi pendidik yang pertama dan utama bagi anak. Dikarenakan faktor kesibukan, keterbatasan waktu, kemampuan, biaya dan lainnya, tidak sedikit orang tua  yang menyerahkan anaknya ke pihak sekolah, dimulai dari usia dini/ prasekolah.

Guna memenuhi pendidikan anak, yang menyeimbangkan antara ilmu umum dan ilmu agama, pada 01/04/2021 di Kabupaten Brebes telah didirikan PAUDQU(Pendidkan Anak Usia Dini Quran) sebanyak 5 lembaga sebagai rintisan atau pilot projek, yang diinisiasi dan kolaborasi Badko LPQ Kabupaten Brebes  dengan Seksi Pendidikan Diniyah dan Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Brebes.

Bentuk tindaklanjut dari dukungan dari Unit Pegumpul Zakat(UPZ) Kementerian Agama Brebes. Rabu, 25/08/2021 di gedung Kabah Komplek Kantor Kemenag Brebes, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes memberikan stimulus berupa uang pembinaan kepada 5 PAUDQU masing-masing sebesar 1 juta rupiah  yang diserahkan oleh pengurus UPZ.

“Selain sebagai bentuk dukungan pemberian stimulus dimaksudkan, Pertama bentuk kepedulian akan pentingnya pendidikan Qur’an bagi anak usia dini di Kabupaten Brebes. Kedua, pemberian stimulus ini diharapkan dapat menambah fasilitas  peralatan yang menunjang permainan dan sekaligus pembelajaran yang ada di PAUDQU. Ketiga, Mengingat animo masyaraat yang mempercayaakan anaknya di PAUDQU.” ungkap Fajarin selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes.

“Bahkan dalam kurun waktu 5 bulan ini, rata-rata anak yang di sekolahkan di PAUDQU sudah hafal ayat-ayat pendek, doa sehari-hari dan bacatulis alquran/huruf hijayyah, hal ini merupakan keunggulan dari PAUDQU dibandingkan PAUD biasa,  mengingat kurikulumnya 70 % belajar Alquran dan Ilmu-ilmu agama dan 30 % belajar umum.” Jelas Faedurohim Sekretaris UPZ .

Kelima PAUDQU yang mendapat stimulus tersebut adalah PAUDQU Al Hiadayah Rengaspendawa Kec. Larangan, PAUDQU Infarul Qoy Desa Bajaratma Kec. Bulakamba, PAUDQU Al Husna Desa Paguyangan Kec. Paguyangan, PAUDQU Assalimiyah Desa Pebatan Kec. Wanasari dan PAUDQU Al Ikhlas Desa Bantarkawung Kec. Bantar Kawung.

Ati Sopiati  Ketua PAUDQU Al IKhlas Bantarkawung “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan baik moril maupun material dari Kementerian Agama Brebes dalam hal ini UPZ, semoga stimulus ini dapat kami pergunakan mendukung kegiatan belajar-megajar di PAUDQU”. ucapnya. (Hid/Sua).