Usai Polres Purbalingga, KODIM 0702 Adakan Serbuan Vaksinasi di MTsN 1 Purbalingga

Kepala Madrasah Hj. Siti Mudrikah bersama Waka Humas Abas Rosadi melakukan komunikasi dengan Pejabat Forkompimcam Karanganyar dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi Kodim 0702 di MTsN 1 Purbalingga.

Purbalingga – Sejumlah 290 siswa MTs Negeri 1 Purbalingga mengikuti vaksinasi Sinovac dosis pertama yang digelar KODIM 0702 di madrasah tersebut baru-baru ini. Sedangkan sebelumnya sejumlah 350 siswa lainnya mengikuti kegiatan yang sama yang digelar Polres Purbalingga.

Kepala MTsN 1 Purbalingga Hj Siti Mudrikah dalam keterangannya Senin (4/10/2021) menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan di madrasah dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.30.

“Peserta vaksin adalah siswa kelas VII, kelas VIII dan IX yang belum vaksin,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebenarnya madrasah mendapatkan 350 kuota vaksin Sinovac. Akan tetapi hanya 290 peserta yang tervaksin, karena ada beberapa siswa yang sakit, usia masih di bawah 12 tahun dan karena alasan lainnya. 

“Karena kuota masih banyak, madrasah berinisiatif mengumumkan pada masyarakat yang belum vaksin untuk vaksin di madrasah. Sehingga ada tambahan 35 peserta dari masyarakat sekitar. Sehingga secara keseluruhan ada 325 vaksin yang tersalurkan,” tambahnya.

Menurutnya, MTs Negeri 1 Purbalingga sudah mendapatkan rekomendasi penyelenggaraan  PTM baik dari Gugus Covid Kabupaten maupun dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

“Dari Kementerian Agama, Surat Izin menyelenggarakan PTM Terbatas sudah diterbitkan dan ditandatangani Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga tertanggal 27 September 2021,” tutupnya.

Waka Humas Abas Rosadi dalam keterangannya secara terpisah menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi di MTs Negeri 1 Purbalingga diawali dengan rapat koordinasi bertempat di Aula Puskesmas sehari sebelumnya antara Kodim 0702 – diwakili Danramil, Camat Karangnayar, dan Puskesmas Karanganyar.

“Dengan terlaksanakanya vaksinasi di madrasah maka dari 927 siswa sudah ada 801 siswa yang sudah tervaksinasi, 81 siswa belum tervaksin dan 45 siswa usia masih dibawah 12 tahun,” ujarnya.

Ia menambahkan, menurut Camat Karanganyar Pratono Aprijadi MTs Negeri 1 Purbalingga merupakan satu-satunya sekolah/madrasah di Kecamatan Karanganyar yang sudah mengantongi ijin pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dari Gugus Tugas Covid Kabupaten per-10 September 2021. Akan tetapi karena muncul klaster pelajar sehingga untuk sementara PTM dihentikan.

Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Karanganyar melakukan proses vaksinasi kepada salah satu siswa MTsN 1 Purbalingga.

Apresiasi

Danramil 12 Karanganyar Kapten Armed Wahyudi Seno sebagai perwakilan Dandim menjelaskan, Kodim 0702 Purbalingga mendapatkan 20.000 dosis jatah vaksinasi dari pemerintah untuk masyarakat Purbalingga. Untuk memaksimalkan penyerapan serbuan vaksinasi Kodim bekerjasama dengan Klinik Kartika 03 Purbalingga dan Puskesmas se-Purbalingga.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala MTs Negeri 1 Purbalingga yang telah mengajukan vaksinasi ke Kodim beberapa waktu lalu sebagai upaya turut mendukung program percepatan penanggulangan Covid-19.* (sar/bd)