Usai raih prestasi, kini saatnya bumikan PAI

Boyolali – Gelaran Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) memasuki puncaknya, ajang tahunan yang memberikan ruang kepada peserta didik dalam mengekspresikan dan mengembangkan minat, bakat dan kemampuan di bidang Pendidikan Agama Islam merupakan kali ketiga diselenggarakan. Dengan mengambil lokasi Asrama Haji Donohudan Boyolali sebagai sentral keseluruhan kegiatan lomba, Pentas PAI yang dilaksanakan sejak tanggal 15 s.d. 17 Juni 2015 dan diikuti oleh ± 770 mulai jenjang SD, SMP dan SMA/SMK segera akan ditutup.

Menurut Ketua Panitia Pentas PAI Lasianto dalam laporannya, bahwa Pentas PAI gelaran ke-3 secara keseluruhan berlangsung meriah dan sukses, bahkan dibandingkan dengan gelaran serupa tahun sebelumnya Pentas PAI tahun ini secara kualitatif menghasilkan bibit-bibit unggul peserta didik berprestasi yang semakin baik, tidak adanya dominasi dari juara umum tahun lalu (Kabupaten Wonosobo) menunjukan kesiapan masing-masing kontingen dari kabupaten/kota se-Jawa Tengah semakin kompetitif, serta antusias kontingen tidak lepas dari dukungan penuh sekolah-sekolah yang peserta didiknya mewakili dalam ajang tingkat provinsi.

Kepala Bagian Tata Usaha Andewi Susetyo yang hadir mewakili Kepala Kanwil menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan Pentas PAI tingkat Provinsi Jawa Tengah, kesuksesan dan kemeriahan yang tidak terlepas dari dukungan semua elemen mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan sehingga mampu menyajikan Pentas PAI sesuai dengan harapan.

“Gelaran Pentas PAI yang telah berjalan sukses dan meriah tidak lepas dari perencanaan yang matang dari teman-teman Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah, persiapan yang baik dari para panitia semua, partisipasi dan dukungan dari kontingen kabupaten/kota se-Jawa Tengah, serta peran solid dari panitera dan dewan juri dalam prosesi setiap cabang yang diperlombakan sehingga mampu menghasilkan bibit-bibit unggul berprestasi yang nantinya bakal menjad wakil Jawa Tengah dalam ajang serupa tingkat nasional Agustus mendatang”, papar Kabag TU mengawali sambutannya.

Terkait tema Pentas PAI “Sportif berkompetisi, Raih Prestasi dan Bumikan PAI” Andewi menambahkan bahwa “Bagi peserta didik yang telah menunjukan prestasi terbaiknya sehingga mampu memperoleh hasil terbaik sebagai juara, prestasi ini merupakan awal bagi adik-adik semua. Usai berkompetisi secara sportif dan meraih prestasi, kini saatnya tugas dan tanggung jawab kita semua untuk membumikan Pendidikan Agama Islam di lingkungan masing-masing, sehingga Pendidikan Agama Islam bisa tertanam di lubuk sanubari masing-masing serta membumikannya di Jawa Tengah pada khususnya serta Indonesia pada umumnya”.

Mengakhiri sambutannya, Andewi mengucapkan selamat kepada kontingen Kabupaten Semarang atas torehan prestasinya sehingga mampu meraih juara umum pada Pentas PAI tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2015.

Diakhir penutupan Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam didampingi para Kepala Seksi menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada para juara. (gt)