600 siswa SD ikuti lomba MAPSI ke-18 Kabupaten Wonogiri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) Sekolah Dasar ke 18 Tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2015 yang di laksanakan Sabtu, (10/10/2015) di Pendopo Kecamatan Giriwoyo dan sekitarnya yang di ikuti 25 kontingen / kecamatan dengan jumlah peserta lomba 600 peserta didik SD.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Kepala Kankemenag Wonogiri, Kasi PAKIS Kankemenag Wonogiri, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, Muspika Kec. Giriwoyo, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan se-Kab. Wonogiri, Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Guru PAI SD se Kabupaten Wonogiri.

Kepala Kankemenag Wonogiri Safrudin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada KKG PAI yang telah menyelenggarakan kegiatan MAPSI, beliau menekankan bahwa tujuan utama MAPSI adalah sebagai tolak ukur penerapan kurikulum PAI SD dan keberhasilan pelaksanaan PAI SD di Wonogiri, serta meningkatkan akhlaqul karimah dan memupuk ukhuwah islamiyah dan menumbuhkan rasa cinta islami sehingga menjadi spirit dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selain itu Safrudin mengharapkan event MAPSI benar-benar menjadi ajang memamahi dan meningkatkan keberadaan seni islami yang semakin tergerus perkembangan zaman, juga mampu meningkatkan ketrampilan beragama dalam kehidupan sehari-hari yang pada akhirnya akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Menurut Ketua Panitia MAPSI Nur Wakhid di dampingi sekretaris Ihsanudin lomba Mapsi merupakan kegiatan tahunan untuk menggali kreasi ’’Tujuan Lomba Mapsi ini dalam rangka menggali potensi kreasi dan inovasi dari anak-anak SD. Selain itu bagian dari pelestarian kesenian tradisonal yang bernuansa islami, seperti rebana dan macapat.” Pemenang akan maju ke MAPSI tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 12 – 14 Nopember 2015 di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Adapun jenis cabang lomba yang di perlombakan antara lain : Lomba Pengetahuan PAI & BTQ, Khitobah/pidato, Tilawatil Qur’an dan khifdzil Qur’an, lomba ketrampilan dan tehnologi informasi dan komunikasi (LK-TIK), Adzan, Mocopat Islam, Khot/Kaligrafi (menulis indah huruf arab) dan Rebana. Adapun sebagai juara umum dari kontingen Kecamatan Baturetno.(Mursyid___ Heri)