Drs. H. Farhani, SH.,MM Resmi Menjabat Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Pelantikan 15 pejabat eselon II pusat dan daerah oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Operation Room Gedung Kementerian Agama Lantai II Jakarta siang ini, Senin (10/10) menjadi hasil dari proses seleksi terbuka calon pimpinan tinggi pratama pada Kementerian Agama tahun 2016.

Dari 15 nama pejabat yang dilantik Menag siang ini satu diantaranya adalah Drs. H. Farhani, SH., MM sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

Sejak dibuka pendaftaran pengisian jabatan calon pimpinan tinggi secara terbuka pada tanggal 20 s.d. 26 Juli 2016, diantara 14 posisi jabatan yang diseleksikan salah satunya adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang sejak dilantiknya Drs. H. Ahmadi, M.Ag menjadi Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI (03/06) kosong, dan turun keputusan Menag tentang penunjukan Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si sebagai pengganti sementara Kakanwil.

Farhani yang mengikuti seleksi terbuka untuk jabatan Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jateng dinyatakan lolos seleksi administrasi dan wajib mengikuti proses penulisan makalah serta seleksi kompetensi pada tanggal 14 s.d. 15 Agustus 2016 bersama dengan 6 peserta yang lain, selanjutnya mengikuti wawancara seleksi terbuka pada tanggal 5 September 2016 bersama dengan 4 peserta lain.

Adapun berdasarkan penilaian administrasi, kompetensi dengan menggunakan assessment centre, rekam jejak, penulisan makalah dan wawancara menyebutkan hasil akhir dari pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Calon Pimpinan Tinggi Pratama pada Kementerian Agama bahwa nama Farchani menduduki urutan pertama dari 3 nama yang diumumkan pada tanggal 29 September 2016.

Hari ini Senin (10/10) Farhani resmi dilantik oleh Menteri Agama sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah bersama dengan 14 pejabat lainnya.

Dikutip dari Portal website Kementerian Agama Republik Indonesia, kepada pejabat yang dilantik, Menag mengingatkan bahwa tidak ada jabatan yang abadi karena sewaktu-waktu bisa berhenti atau diganti. Tetapi karakter, sifat amanah, kejujuran, kebersahajaan, tanggung jawab dan akhlak mulia dari seorang pejabat, akan membekas dan dikenang. Kepada pejabat yang dilantik diharapkan jangan menodai jabatan yang tak kekal dengan kecurangan, kesewenang-wenangan terhadap bawahan atau rekan kerja serta untuk berperilaku amanah.

Menag meminta para pejabat yang dilantik segera beradaptasi dengan lingkungan barunya. Menurutnya, tidak boleh ada istilah masih baru, ketika seorang pejabat ditanya mengenai masalah yang menjadi tanggungjawabnya. Setiap pejabat harus memiliki leadership yang baik, selalu belajar, cermat dan mampu menggerakkan kinerja pelayanan organisasi secara berkualitas.

Menag minta, setiap pejabat dapat membuat dan merumuskan program kerja berdasarkan skala prioritas di tengah keterbatasan anggaran, memaksimalkan keterlibatan pemangku kepentingan, serta dapat memproyeksikan dampak jangka pendek, menengah dan panjang setiap program.

Berikut ini daftar nama 15 pejabat yang dilantik oleh Menag :
1. Dr. Mastuki, MAg sebagai Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal
2. Dr. Imam Safei sebagai Direktur Pendidikan Islam pada Ditjen Pendis
3. Drs. Supriyati, M.Pd sebagai Direktur Urusan Pendidikan Agama Buddha pada Ditjen Bimas Buddha
4. I Made Sutresna, MA sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Bimas Hindu
5. Drs. Ahmad Supardi, MA sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Riau
6. Drs. Bustasar, M.Pd sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu
7. Drs. H. Farhani, SH., MM sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah
8. Drs. Noor Fahmi, MM sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan
9. H. Suriyansah, M.Pd sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Utara
10. I Nyoman Lastra, M.Ag sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Bali
11. HM. Alfajri Jabidi, MM sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan
12. Drs. HA. Bazari, M.Pd.I sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Banten
13. Drs. H. Adnan, M.Ag sebagai Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja sama Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
14. Drs. H. Yasrizal sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Batusangkar
15. Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Periode 2016-2020.

(gt/gt)