Kankemenag Batang canangkan Gerakan Wakaf 1000 Mukena Bersih

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Dalam Rangka Hari Amal Bhakti Kemenag Ke-69 Penyuluh Agama Islam Kantor Kemenag Kab. Batang mencanangkan Gerakan Wakaf 1000 Mukena Bersih (GW1000MB). Gerakan ini bertujuan sebagai aksi nyata pengamalan nilai-nilai Islam dengan memastikan tersedianya mukena bersih ditempat umum, terutama masjid dan mushola.

Koordinator GW1000MB, Hj. Al Mukaromah, S.Pd, M.Pd menyatakan, program ini bersifat sosial dan berbasis sukarelawan. Sukarelawan yang siap membantu sudah terdata sekitar 200 orang disetiap Kecamatan di Kabupaten Batang.

Kepala Kantor Kemenag Batang, Drs. H. Nor Rosyid, M.SI pada upacara hari HAB ke 69 tanggal 3 Desember 2015 di Lapangan MAN Batang juga sudah mencanangkan gerakan ini dengan menyerahkan bantuan mukena secara simbolis pada Koordinator GW1000MB.

“Kegiatan gerakan ini adalah pengadaan mukena yang di upayakan dengan penggalangan dana serta pemeliharaan mukena oleh para sukarelawan. Dia menjelaskan wakaf mukena diprioritaskan untuk ditasyarufkan pada Masjid/Mushola yang menjadi transit para musyafir, khususnya disepanjang jalan pantura Batang, serta masjid besar di Kec. Se- Kabupaten Batang. Selain itu, untuk masjid dan mushola pada Dinas, Perusahaan, Madrasah/sekolah, serta masjid dan mushola yang membutuhkan, termasuk korban bencana di Banjarnegara.

Mukena yang diwakafkan akan dilakukan pemeliharaan kebersihannya oleh sukarelawan . pemeliharaan mukena dilakukan setidaknya setiap minggu di cuci tergantung pemakaian disetiap masjid / mushola penerima manfaat, katanya

Al Mukaromah menambahkan, dalam ajaran Islam wakaf merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan seorang muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ibadah dalam bentuk wakaf lebih besar pahala dan manfaatnya bagi diri orang yang memberi wakaf. Ini karena pahala wakaf akan mengalir terus menerus pada orang yang berwakaf selama harta yang diwakafkan itu masih bermanfaat dan dimanfaatkan oleh orang.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang menyambut baik gerakan wakaf 1000 mukena bersih di Kabupaten Batang. Dia berharap, gerakan ini bisa menjadi daya dorong pengamalan nilai-nilai Islam bisa semakin kuat di masyarakat. Sebab gerakan ini bertujuan menyediakan mukena bersih untuk sholat bagi umat islam, termasuk ditempat-tempat umum. (pramono)