081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kemah Pramuka Santri targetkan bibit unggul berprestasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Kementerian agama sebagai lembaga pemerintahan yang mempunyai kewajiban untuk membina, mendorong dan mengarahkan kader-kader muda, utamanya yang berada pada pondok pesantren, sekaligus mempererat tali ukhuwah Islamiyah, persaudaraan, persahabatan dalam ke-bhinneka-an, tanggung jawab ini menjadikan Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Perkemahan Pramuka Santri tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2015.

Dengan mengambil lokasi di Bumi Perkemahan Sikucing Moga Kabupaten Pemalang, perkemahan pramuka santri ini dilaksanakan untuk 4 (empat) hari kedepan hingga 30 April 2015. Lebih dari 700 santri mengikuti perkemahan ini, mereka berasal dari 35 kontingen kabupaten/kota yang masing-masing mengirimkan sangga putra dan putri berisi 10 santriwan atau santriwati.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Drs. H. Sholikhin, MM, secara teknis rangkaian kegiatan dalam perkemahan ini didukung oleh Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah dan Kwartir Cabang Pemalang, sejumlah agenda kegiatan tersusun rapi mulai dari pembukaan hingga penutupan Kamis mendatang.

“Dalam rangka pengembangan bakat, minat dan keterampilan para santri perkemahan ini juga diisi dengan lomba pentas seni budaya Islami daerah, menulis essay Bahasa Arab dan Inggris, teknologi tepat guna terbarukan, majalah dinding dan PBB, sedang untuk pengembangan wawasan para santri juga dibekali dengan ceramah Nasionalisme dan Bela Negara, diskusi interaktif Narkoba, motivasi diri Menjadi Santri Juara. Serta untuk sosial kemasyarakatan diadakan pawai ta’aruf, Sholawat bersama yang akan menghadirkan Enthus Susmono dan bakti sosial”, ungkap Kabid PD Pontren menjelaskan.

Kegiatan yang mengangkat tema “Dengan Perkemahan Pramuka Santri kita wujudkan santri yang kreatif, berbudaya dan berkarakter” serta motto “Satyaku ku darmakan , darmaku ku baktikan”, akan dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Ahmadi, M.Ag dengan dihadiri langsung oleh Bupati Pemalang H. Junaedi, SH.,MM beserta Forum Komunikasi Kepala Daerah (FORKOPINDA) Kabupaten Pemalang serta para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah dan Pimpinan Pondok Pesantren.

Beliau menambahkan bahwa, “Target dari perkemahan pramuka santri lebih dititikberatkan pada peningkatan kemampuan mental, fisik, pengetahuan, semangat untuk maju terus pantang putus asa, peingkatan disiplin pribadi, tanggung jawab, kesetiakawanan serta pemahaman dan penghayatan semangat kepramukaan melalui Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka”.

Mengakhiri sambutannya Sholikhin berharap agar “Kemah santri ini dapat membangun minat terhadap gerakan pramuka dalam upaya meningkatkan etos kerja yang tinggi yang dibalut dengan kesederhanaan dalam keseharian di kalangan santri, serta mendukung kemandirian santri dan juga mendorong santri untuk lebih aktif, mandiri, unggul demi negara dan agama sehingga dapat meningkatkan rasa ukhuwah, solidaritas sosial dan kerja sama antar sesama santri”.

Meski upacara pembukaan diwarnai dengan turunnya hujan, namun hal ini tidak meyurutkan panitia dan peserta untuk tetap bersemangat melaksanakan, hanya saja beberapa pertunjukan pengiring pembukaan gagal tampil karena alasan teknis. (gt)