Kemenag dan Pemerintah Kabupaten Wonogiri Prakarsai Semaan Al-Quran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Dalam rangka memperingati hari jadi ke-276 Tahun 2017 Kabupaten Wonogiri, Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Kantor Kementerian Agama akan menyelenggarakan kegiatan semaan Al Qur’an  yang dilaksanakan oleh Khafid-khafizhoh dan masyarakat di wonogiri serta siswa madrasah.

Semaan Al Qur’an  tersebut bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT mengayomi, membimbing dan memberikan kekuatan lahir batin kepada pemimpin dan pengambil kebijakan di jajaran pemerintah Kabupaten Wonogiri sehingga dapat menjaga pembangunan mental dan spiritual serta melimpahkan rizki, kesehatan, ketentraman dan  kedamaian masyarakat Wonogiri.

Hal tersebut di sampaikan Kasubbag TU Kankemenag Wonogiri, Fatonah yang mengikuti Rapat Seksi Tirakatan, Semaan Al Qur’an dan Doa Syukur dalam rangka Hari jadi Kabupaten Wonogiri ke-276 Tahun 2017, Kamis (16/03) di Ruang Plinteng Semar Setda Kabupaten Wonogiri yang di ikuti jajaran Pemerintah Kabupaten dan Kemenag.

Proses semaan Al-Qur’an menurut Fatonah adalah kegiatan muslim mendengarkan, menyimak lantunan Ayat-ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan oleh khufadzul Qur’an (penghafal Al-Qur’an). Dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah untuk jalan menuju taubat sekaligus menjadi sarana introspeksi diri.

Selain semaan Al Qur’an kegiatan keagamaan yang akan di laksanakan dalam rangka hari jadi ke-276 Kabupaten Wonogiri adalah doa bersama antar umat beragama, ziarah ke makam RM. Said dan tableg akbar.

Menurut Kasubbag TU Kankemenag Wonogiri selaku panitia pelaksana semaan, Fatonah menyampaikan tujuan dari kegiatan semaan Al-Qur’an.”

“Tujuan kegaiatan semaan Al Qur’an adalah solusi mencari kesejukan kedamaian untuk ketentraman hati dengan mendengar ayat-ayat Al-Quran, meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaatnya membaca Al-Qur’an, meningkatkan tingkat religiusitas di masyarakat, menjalin ukhuwah Islamiyah dan menjalin silaturahim antar para jamaah serta menjadikan masyarakat yang religius dan memperluas kegiatan dakwah Islam”,jelasnya.

Sesuai rencana kegiatan tersebut akan berlangsung di pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri dan akan berlangsung seharian penuh dijeda dengan pelaksanaan sholat yang di kerjakan secara berjama’ah. Di harapkan masyarakat Wonogiri secara di harapkan ikut mendengarkan dan menyimak pembacaan Al-Quran oleh para penghafal Al Qur’an.

 “Semoga kegiatan tersebut lancar dan berkah akan diberikan jiwa yang sejuk, hati yang damai dan pikiran yang jernih, sehingga membuatnya ingin selalu beramal, kreatif, inovatif dan produktif, utamanya Wonogiri menjadi aman dan tentram” Pungkasnya. (Mursyid__Her/Wuli)